Pilkades Bisa Digelar Tahun Ini - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pilkades Bisa Digelar Tahun Ini

Pilkades Bisa Digelar Tahun Ini

Written By Admin Raka on Senin, 26 Maret 2018 | 12.15.00

TEMPURAN, RAKA - Desakan para kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Forum Kepala Desa Karawang (Fordeska), dan Barisan Kepala Desa Karawang (Baladewa), yang meminta agar Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) tahun ini mendapat lampu kuning dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang.
Kepala DPMD Kabupaten Karawang Ade Sudiana mengatakan, pilkades berpeluang bisa dilakukan tahun ini jika dalam pembahasan internal Bagian Hukum, bupati dan DPRD menyepakati hal itu. "Bagi DPMD, pilkades digelar tahun ini atau tahun depan tidak menjadi soal," ungkap Ade kepada Radar Karawang.
Ade beranggapan desakan para kepala desa adalah hal wajar. Karena dalam regulasinya, SK kades yang hendak habis masa jabatannya harus disiapkan laporannya oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan segera membentuk kepanitiaan pilkades. "DPMD sebagai fasilitator saja. Kapanpun Pilkades digelar, kita siap-siap saja," ujarnya.
Disinggung soal anggaran pilkades yang tidak masuk pos APBD 2018, Ade mengaku soal ini akan dibahas lebih lanjut. "Kalau sudah clear semua, kami sebagai OPD pelaksana yang memfasilitasi pilkades, siap ambil resiko apapun keputusan pihak terkait," tuturnya.
Begitupun jika faktor penghambatnya adalah pemilihan gubernur Jawa Barat, Ade menyebut di beberapa kabupaten/kota hal itu tidak mempengaruhi pelaksanaan pilkades. Hanya saja, pemkab masih perlu waktu untuk membahas persoalan ini. "Daerah lain juga ada yang tetap melaksanakan pilkades tahun ini. Bekasi misalnya, gak masalah tuh," katanya.
Ia berharap para kades bersabar dan menahan diri, betapapun dia tahu jika pilkades loncat ke Oktober 2019 diprediksi akan muncul demo jilid 2. "Ya Sabar dulu, kita lagi bahas. Tunggu saja tindak lanjutnya," pesannya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template