Perbaiki Rutilahu dengan Dana Zakat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perbaiki Rutilahu dengan Dana Zakat

Perbaiki Rutilahu dengan Dana Zakat

Written By Angga Praditya on Selasa, 27 Maret 2018 | 16.15.00

KARAWANG, RAKA - Dana zakat pribadi Wakil Bupati Ahmad Zamakhsyari sebesar Rp 11 juta - Rp 13 juta yang diperuntukkan bagi bantuan pembangunan rumah tidak layak huni ternyata mengundang warga berdatangan ke rumah dinasnya. Mereka mengaku rumah yang ditempati sekarang ini sudah tidak layak huni.
Dari sejumlah warga beruntung yang mendapatkan saluran dana zakat tersebut adalah rumah Nein (78) dan Rayah (53) warga Dusun Rawa Indah 1 RW 005 RW 001 Desa Segaran, Kecamatan Batujaya. Kondisi rumahnya sudah parah, kalau tidak ditunjang kayu sudah pasti roboh samping. Ironisnya, meski kondisi sudah separash itu namun luput dari sentuhan program pemerintah maupun desa.
Nein sendiri mendapatkan bantuan itu berkat laporan Wasim Nursalim, warga sedesanya yang peduli terhadap kondisi rumah mereka.  "Awalnya laporan masyarakat Batujaya, dilihat dari penghasilan keluarga Nein yang sesehari menjual lalapan dan tinggal dengan sanak keluarga, makannya saya laporkan," ujarnya Wasim, Senin (26/3).
Sementara Nein mengatakan selama ini memang dirinya tinggal bersama dua anaknya dan tiga cucu. Sedang kondisi rumahnya sudah mau rubuh, dengan keterbatasan biaya yang dimiliki dia harus bersabar menunggu nasib baik. "Mau dibetulin sudah lama juga belum ada perhatian baik dari pemerintah desa walupun sudah dihubungi tetap tidak ada perhatian, sehingga ada yang bawa saya kesini," ujarnya.
Nein mengatakan pendapatan dari berjualan juga tidak menentu. Kadang sehari cuman dapat 40 ribu malah kalau nasib kurang bagus bisa cuma 20. "Kerja saya cuman nyari sayuran, kangkung. Gak cukup buat bangun rumah," paparnya.
Kasi Pemerintahan Desa Segaran yang ikut mendamping Zein menemui wabup, Zaenal Abidin menyampaikan, pihaknya mengakui jika kondisi rumahnya dari Nein dan Rayah sudah disanggah samping-samapingnya yang nyaris rubuh. "Kita sudah ajukan ke pemerintah daerah dengan rutilahu kemudian kementrian RI,  karena menunggu lama kita khawatir sebelum turun sudah rubuh," ujarnya.
Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsari menyampaikan, pihaknya siap membantu masyarakatnya yang membutuhkan bantuan dengan masih adanya ploting anggaran dari zakat pribadinya. "Karena ada ploting anggaran zakat saja ini mah, kita bangunkan 1 rumah itu 11 sampai 13 juta. Contoh di Rawamerta cukup dengan  12 juta lebih sedikit. ini hanya mendukung program pemerintah daerah saja buat zakat," papar Wabup. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template