Peralatan Damkar Belum Lengkap - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Peralatan Damkar Belum Lengkap

Peralatan Damkar Belum Lengkap

Written By Admin Raka on Kamis, 08 Maret 2018 | 19.14.00

PURWAKARTA,RAKA- Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono mengatakan, gedung bertingkat di Purwakarta sudah mulai bermunculan. Untuk antisipasi bencana kebakaran terhadap gedung-gedung tersebut, dibutuhkan unit kendaraan pemadam kebakaran untuk mengatasi gedung bertingkat. Sementara, hingga kini, pihak DPKPB Purwakarta belum memiliki kendaraan pemadam kebakaran untuk antisipasi kebakaran pada gedung tersebut.
"Kami belum mempunyai sarana mobil pemadam kebakaran, untuk antisipasi kebakaran jika terjadi di gedung bertingkat, atau bangunan menengah yaitu yang lebih dari empat lantai," kata Wibisono, saat memperingati hari ulang tahun Damkar ke 99, di Lapangan Sahate, Rabu (7/3).
Menurutnya, hal ini menjadi salah satu kesulitan yang dirasakan oleh DPKPB Purwakarta untuk penanggulangan bencana, khususnya kebakaran.
Bupati Purwakarta, Dadan Koswara telah menjanjikan kepada pihaknya, akan membantu pengadaan mobil tersebut. Ini dilakukan Pemda Purwakarta, untuk meningkatkan jumlah penyelamatan kebakaran di gedung. "Tadi Pak Bupati telah menjanjikan akan memberikan bantuan untuk pengadaan mobil, dan yang terutama adalah meningkatkan kesejahteraan petugas damkar itu sendiri," ujar Wibi.
Pada perayaan HUT Damkar ini, Wibi menjelaskan petugas pemadam kebakaran memiliki keahlian khusus dibandingkan petugas lain. Bahkan, sebelum bisa menyelamatkan orang pada bencana ataupun kebakaran, para petugas itu melakukan pelatihan. Pelatihan tersebut agar petugas bisa memiliki skill yang mumpuni, agar penanganan penyelamatan bisa maksimal. Selain itu, petugas yang bekerja dalam tim ini harus sigap dan tanggap. Hal tersebut berpengaruh pada waktu respon penanganan bencana. "Respon time itu wajib. Waktu tanggap bencana itu sekitar 15 menit setelah kita mendapatkan informasi, harus sudah melakukan gerakan. Dimana pun harus tetap siaga," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template