Pendamping Sosial Mendata Warga Miskin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pendamping Sosial Mendata Warga Miskin

Pendamping Sosial Mendata Warga Miskin

Written By Admin Raka on Minggu, 25 Maret 2018 | 14.30.00

KARAWANG, RAKA - Meminimalkan persoalan sosial di masyarakat menjadi hal yang harus didahulukan. Terutama dalam hal pendataan terhadap fakir miskin yang belum memiliki jaminan sosial, keluarga demgam rumah tidak layak huni, penyandang disabilitas, anak terlantar dan lansia yang diterlantarkan.
Hal itu diungkapkan anggota Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Karawang Barat, Sutardi (25), Jumat (23/3). Menurut dia tugasnya membantu kinerja Pemerintahan Daerah Karawang melaksanakan pendataan kependudukan. "Eksistensi TKSK sangatlah diperlukan di wilayah kecamatan untuk mengisi infrastruktur sosial di wilayah," ujarnya.
Sutardi mengatakan tugas melaksanakan pendampingan sosial dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial (PMKS) ditingkat Kecamatan, dan sebagai tenaga relawan yang direkrut dari unsur Karang Taruna dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) atas dasar kesukarelawan dan keiklasan untuk mengabdi.
Kata Sutardi, tugas pendampingannya melaksanaan pendataan terhadap fakir miskin yang belum memiliki jaminan sosial, keluarga berumah tidak layak huni, penyandang Disabilitas, Anak Terlantar dan Lansia terlantar. "Nantinya akan menjadi sumber data yang diperoleh tersebut, sehingga akan bermanfaat untuk dapat digunakan oleh Dinas Sosial dan para stake holderlainnya yang akan membantu dalam membantu PMKS dalam upaya pelayanan sosial di Kabupaten Karawang terutama di Kecamatan karawang Barat," ujarnya.
Sutardi mengatakan dirinya mengawali tugasnyas dengan bekerja pada tahun 2011 di kantor Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat, sebagai tenaga administrasi dan aktif di bidang kesejahteraan sosial, membantu kelurahan dalam penyaluran raskin dan pengajuan bantuan korban bencana ke Dinas Sosial mewakili kelurahan. "Saya ini dipercaya sebagai TKSK di Kecamatan alhamdulillah, semoga bisa menjadi lebih baik lagi," ujarnya.
TKSK juga lanjut Sutardi, mempunyai partner Pekerja Sosial Masyarakat dimana Karang Taruna yang berada ditingkat desa atau kelurahan yang dapat dijadikan sumber informasi kejadian sosial yang terjadi di masyarakat. Dalam tugas juga memiliki tugas untuk memfasilitasi pengisian dan penyusunan daftar rekapitulasi rumah tangga Pengganti. "Semoga dalam bertugas bisa selamanya bermanfaat bagi orang banyak dan berguna bagi nusa dan bangsa," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template