Pemulasaran Jenazah Layanan Unggulan RSUD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemulasaran Jenazah Layanan Unggulan RSUD

Pemulasaran Jenazah Layanan Unggulan RSUD

Written By Admin Raka on Kamis, 22 Maret 2018 | 18.30.00

TELUKJAMBE, RAKA - Menjadi rumah sakit unggulan bukan hal mudah, karena tidak hanya menyangkut soal profesionalitas pelayanan melainkan bagian-bagian pelayanan yang dibuka juga ikut berperan menentukan layak dan tidaknya rumah sakit bersangkutan menjadi rumah sakit unggulan.
"Selain butuh kerja keras sistem pelayanan optimal juga menjadi hal yang harus terpenuhi, disamping fasilitas penunjang rumah sakit dan tindakan medis yang akurat serta mekanisme pengelolaan bermutu," ungkap Kasubbag Hukmas Promkes RSUD Karawang H. Muhimin belum lama ini. Muhimin mengatakan prediket rumah sakit unggulan itulah saat ini sedang diupaya RSUD Karawang.
Karenanya, terang Muhimin RSUD terus meningkatkan jumlah pelayanan kepada masyarakat. Sekarang ini, terang Muhimin, ada delapan layanan unggulan di RSUD. Selain
Instalasi Rawat Inap, Laboratorium, Instalasi Gawat Darurat dan Rehabilitas Medik, RSUD juga melayani Radiologi, Gizi, Pemulasaran Jenazah dan transfusi Darah. Dari delapan layanan itu, Instalasi Pemulasaran Janasah menjadi bagian terakhir yang paling diunggulkan selain unit transpusi darah.
"Dua unit ini yakni pemulasaran jenazah dan transpusi darah menjadi komponen penting terhadap pelayanan RSUD. Instalasi yang memberikan pelayanan pemulasaran jenazah untuk kasus-kasus kematian dari dalam maupun luar rumah sakit, saat ini telah dikembangkan ke arah pelayanan Kedokteran Forensik karena RSUD telah memiliki dokter spesialis forensik," ucap Muhimin.
Sementara Kepala Kamar Pemulasaraan Jenazah dan Forensik RSUD Karawang, Heri Heryana. SA.g, terkait itu menyampaikan, Unit Pemulasaran jenazah bukan saja hanya melayani jenazah, namun juga melayani jasa forensik dan Visum et Repertume. "Pelayanan kami saat ini sudah cukup maksimal kepada masyarakat Karawang," ucapnya.
Sementara Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) bertanggungjawab terhadap pelayanan transfusi darah, termasuk penyimpanan darah yang aman hingga mempersiapkan darah untuk pasien yang membutuhkan. Ketersediaan darah aman di rumah sakit salah satu Standar Pelayanan Minimal (SPM), yang berarti setiap rumah Sakit harus memiliki stok darah aman 24 jam di Unit Transfusi Darah (UTD).
Selain manajemen pelayanan transfusi darahnya yang bertujuan untuk memenuhi ketersediaan darah yang aman untuk kebutuhan pelayanan kesehatan. "Darah yang di stok berasal dari para pendonor dan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Unit Transfusi Darah yang mengumpulkan darah tersebut dan memastikan pendonor adalah warga yang sehat dan mengidap penyakit," ucapnya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template