Pemohon Warisan Wajib Menyertai Foto - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemohon Warisan Wajib Menyertai Foto

Pemohon Warisan Wajib Menyertai Foto

Written By Admin Raka on Senin, 12 Maret 2018 | 15.30.00

KARAWANG, RAKA - Masyarakat yang akan mengajukan hak waris kepada kelurahan atau desa mulai tahun ini dikenakan peraturan baru, yang mengharuskan pemohon melengkapi berkas permohonannya dengan foto hak waris.
Hal itu disampaikan Lurah Nagasari Ade Sukardi kepada Radar Karawang, akhir pekan (10/3) kemarin. Untuk itu, terang Ade, saat ini pihaknya tengah melakukan sosialisasi terhadap peraturan tersebut, terutama terhadap masyarakat yang akan mengajukan hak waris kepada pemerintahan sekalipun ditingkat desa atau kelurahan. "Pengajuan hak waris saat ini sudah tidak bisa hanya sebatas surat saja, melainkan harus dilengkapi dengan foto dan tujuan hak waris tersebut," ujarnya. 
Dikatakan Ade, mengenai hak ahli waris saat ini ada penambahan persyaratan dimana ahli warisnya, harus membawa foto di dalam mengajukan hak waris yang harus dilengkapai dengan ahliwarisnya agar dilampirakan. "Misalkan ada beberapa orang ahli waris contohnya ada lima dan semua orang itu harus ada fotonya dan dilampirkan semuanya," ujarnya.
Kalau tahun sebelumnya, terang Ade, untuk permohonan hak waris cukup melampirkan permohonan ahli waris dan disertai pembubuhan tanda tangan. Tetapi, sekarang tidak bisa begitu lagi tetapi mesti ada foto orang-orang yang menjadi ahli waris. Hal tersebut, kata Ade, bertujuan agar lebih tertib saat ahli waris yang akan mendapatkan haknya itu dapat mengetahui, seketika akan adanya pembagian warisan yang diberikan pemilik harta yang akan dibagikan. "Secara administrasi saat ada pembagian warisan setidaknya pemerintah di kelurahan wajib mengetahui. Hal itu bertujuan agar tertib administrasi dan lebih rapi lagi," ujarnya. 
Biasanya lanjut Ade, administrasi persyarakat dalam warisan yaitu keabsahan surat tanah, dimana seringkali terjadi kesalahan akibat ketidak sesuaian dokumen kepemilikan tanah. "Saya akan teliti agar tidak sembaranag main tanda tangan karena itu akan berurusan dengan hukum. Dan ini surat-suratnya, karena kita wajib mengetahui, bahkan sampai ke kecamatan kalau tidak dilengkapi dengan foto dan tujuan membuat surat ahli waris tidak akan mendapatkan tanda tangan," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template