Pelajar Wanayasa Juara Biantara Putri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pelajar Wanayasa Juara Biantara Putri

Pelajar Wanayasa Juara Biantara Putri

Written By Mang Raka on Jumat, 23 Maret 2018 | 15.45.00

PURWAKARTA,RAKA- Lomba Pasanggiri Sirung Sunda Pinilih (PSSP) yang diikuti pelajar Sekolah Dasar Negeri (SDN) se- Kabupaten Purwakarta, selesai digelar. Para pelajar yang mendapat prestasi juara mendapat piala juga mendapat piagam penghargaan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta.
Ketua Musyawah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Basa Sunda Kabupaten Purwakarta, Sopyan Effendi mengatakan, lomba PSSP rutin dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2009 silam. "Pada bulan Maret 2018 ini memasuki usia ke-10. Artinya perlombaan yang dilaksanakan oleh guru MGMP Basa Sunda Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta itu telah ikut memberi sumbangsih terhadap perkembangan, pelestarian budaya Sunda dan mempertahankan Bahasa Sunda di tatar Pasundan ini selama 10 tahun," katanya, Kamis (22/3).
Ia juga mengatakan, acara tersebut melibatkan pelajar tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) se- Kabupaten Purwakarta. “Acaranya sih diadakan pada 13 Maret 2018 lalu di SD Kahuripan. Penyelenggara kegiatan para guru yang tergabung di wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Basa Sunda se- Kabupaten Purwakarta dari tingkat SD dan SMP,” ungkap pria yang akrab di sapa Pepen tersebut.
Untuk mata lomba, lanjut pepen, ada tujuh mata lomba yaitu ngadongeng, maca sajak, ngarang carpon, tembang pupuh, biantara (pidato basa sunda), maca warta dan lomba nulis jeung maca aksara Sunda. Ia memaparkan, sejumlah siswa berprestasi dalam lomba PSSP mata lomba Biantara (Pidato Basa Sunda). tingkat sekolah dasar putra. "Juara pertama Rachman Hidayatullah mewakili UPTD Babakan Cikao. Kedua Fikry Daffa Sinatria mewakili UPTD Campaka, ketiga Arbila Sefa Sirojudin mewakili UPTD Plered," ungkapnya.
Sementara untuk mata lomba Biantara putri, lanjut dia, diraih oleh pelajar asal Wanayasa. "Juara lomba PSSP mata lomba Biantara pada tingkat sekolah dasar pesertanya putri diraih Putri Rahmalia mewakili UPTD Wanayasa, kedua Annisa mewakili UPTD Plered, ketiga Dhira Nurrahmadhani mewakili UPTD Campaka," tuturnya.(cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template