Pasar Jati Badami Tidak Punya Lahan Parkir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pasar Jati Badami Tidak Punya Lahan Parkir

Pasar Jati Badami Tidak Punya Lahan Parkir

Written By Admin Raka on Rabu, 28 Maret 2018 | 17.00.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Macet karena disebabkan parkir liar di pinggir jalan juga dikeluhkan masyarakat Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat. Mereka meminta supaya pihak Pasar Tradisional Pasar Jati Badami di wilayah desa itu membuat tempat parkir sendiri. Sehingga pengunjung pasar tersebut tidak memarkir kendaraannya di pinggir jalan.
"Kecamatan Telukjambe Barat memang kekurangan Ruang Terbuka Hijau (RTH), parahnya lagi sedikit RTH yang tersisa di pinggir-pinggir jalan pun kerap menjadi sasaran kendaraan umum yang parkir dipinggir jalan sehingga mengakibatkan kemacetan. Mestinya area itu diberdayakan menjadi kawasan hijau," tandas Wasilan (47) warga Desa Karangligar, Selasa (27/3).
Wasilan juga menambahkan, bahkan pinggir-pinggir jalan itu kerap dijadikan area parkir truk-truk besar sehinggas membuat tanah yang menjadi jalur hijau itu jadi labil.
Dirinya mengaku lahan parkir masing-masing kios dan pasar cukup minim sekali sehingga tidak jarang badan kendaraan sering memakan bahu jalan hingga ke jalan utama dan hal itu justru membahayakan pengguna jalan lain.
Seperti diungkapkan Rifa Azkia (33) pengurus Karangtaruna Desa Karangligar,  penataan parkir saat ini tidak melibatkan unsur Karangtaruna. Masing-masing kios dan toko juga pasar tradisional Pasar Jati, punya kebijakan masing-masing. Dan dirinya pun berharap peran warga juga agar selalu waspada supaya tidak mencelakakan pengguna jalan lain.
"Kami sebetulnya ingin membantu demi tertata kelolanya lahan parkir, akan tetapi masing-masing kios, toko dan pasar miliki kebijakan sendiri-sendiri, dan saya pun tidak memaksakan hal itu. Perihal pengaturan yang selama ini dikerjakan oleh kami, hanya di kios-kios waralaba dengan kriteria besar saja yang kami kelola agar lebih aman," jelasnya.
Di tempat terpisah, Kepala seksi Ketertiban dan kesejahteraan Kecamatan Telukjambe Barat H. Ocang. SH. menegaskan bahwa himbauan dan aturan perihal ketertiban parkir dan lahan itu sudah digelindingkan. Sejauh ini, aku ia, para pemilik kios dan toko sudah menjalankan himbauan yang digulirkan pemerintah Kecamatan dan pemerintah Kabupaten Karawang.
"Lahan parkir disini sedikit tetapi bisa dimaksimalkan. Hingga kini kami terus berupaya memberikan masukan agar penataan lahan parkir tidak mengganggu pengguna jalan, apalagi memakan bahu jalan. Tetapi perlu saya garisbawahi bahwa keterbatasan luas kios dan lahan parkir pun jadi kendala tersendiri. Jadi kami tidak begitu memaksa, mudah-mudahan mereka bisa mentaatinya dengan baik," tegasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template