Panwaslu Perbanyak Relawan Pemilu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Panwaslu Perbanyak Relawan Pemilu

Panwaslu Perbanyak Relawan Pemilu

Written By Admin Raka on Jumat, 09 Maret 2018 | 11.30.00

PURWAKARTA,RAKA- Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Purwakarta, terus bergerak menyisir dan melakukan upaya penangkalan terhadap setiap potensi pelanggaran pemilu melalui kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif. Selain itu, Panwaslu Kabupaten Purwakarta menggandeng sebanyak-banyaknya relawan pengawas pemilu yang kemudian relawan tersebut dinamai Sahabat Bawaslu.
"Tak berlebihan dinamai begitu, sebab sahabat bawaslu ini diproyeksi menjadi tambahan mata panwas untuk melakukan pengawasan pemilu. Selain dibekali materi kepemiluan, peserta juga didaulat siap melaporkan jika di lapangan ditemukan dugaan pelanggaran pemilu," ujar Ketua Panwaslu Kabupaten Purwakarta, Oyang Este, Kamis (8/3).
Menurutnya, proses rekrutmen Sahabat Bawaslu ditempuh melalui prosesi kegiatan bertajuk sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif.
Diketahui, hingga tahapan kampanye saat ini, Panwaslu Kabupaten Purwakarta sudah menggelar sedikitnya 6 kali kegiatan sosialisasi dengan jumlah peserta masing-masing 100 orang. Tahap pertama, sosialisasi dilaksanakan kepada pengurus dan anggota pramuka Kabupaten Purwakarta tingkat penggalang. Dipilih pramuka karena organisasi ini mengakar hingga tingkat kecamatan, desa serta gugus. Panwaslu dan pramuka bahkan sempat tanda tangani MoU pengawasan. Selain anggota pramuka, panwalus juga menggandeng
stakeholder tingkat kabupaten dan kecamatan, mahasiswa, santri,LSM, wartawan, kalangan penyuluh agama Islam, pengawas sekolah, serta pimpinan Kantor Urusan Agama (KUA) se- Purwakarta dan ketua dan pengelola masjid.
Di luar elemen masyarakat ini, panwaslu masih akan bergerak menyisir dan melakukan upaya penangkalan terhadap setiap potensi pelanggaran pemilu. Beberapa elemen tersebut diantaranya ASN di lingkungan Pemkab Purwakarta, para guru PKN, para kepala desa/lurah serta unsur penting lainnya. Sosialisasi dilakukan bertahap. Diakhir, panwaslu juga berencana menggelar apel siaga pengawasan pemilu. Dan para Sahabat Bawaslu akan dilibatkan dalam kegiatan tersebut. "Kegiatan sosialisasi ini cukup efektif. Terbukti banyak laporan awal masuk dari masyarakat, sehingga potensi pelanggaran sejak dini bisa dicegah. Di luar itu, kasus pelanggaran pemilu yang diproses juga berawal dari informasi masyarakat yang selanjutnya ditindaklanjuti panwaslu. Kami ingin libatkan sebanyak banyaknya masyarakat. Termasuk juga mengawasi proses penindakannya oleh kami di Panwaslu," pungkasnya.(gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template