Panwaslu Ajak Warga Kotabaru Awasi Pilgub - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Panwaslu Ajak Warga Kotabaru Awasi Pilgub

Panwaslu Ajak Warga Kotabaru Awasi Pilgub

Written By Admin Raka on Jumat, 09 Maret 2018 | 15.45.00

KOTABARU, RAKA- Panwascam Kotabaru, melibatkan seluruh tokoh masyarakat dan elemen masyarakat lainnya yang ada diseluruh wilayah Kecamatan Kotabaru dalam membantu pengawasan partisipatif jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.
Ketua Panwascam Kotabaru, Agus Virgo mengatakan, kegiatan sosialisasi yang melibatkan seluruh elemen serta tokoh masyarakat diberbagai desa yang ada diseluruh Kecamatan Kotabaru, agar warga yang memiliki hak pilih memahami tujuan utama dilaksanakannya pemilu, serta dapat turut serta melakukan pengawasan partisipatif. "Tidak lain untuk mengajak warga, tokoh agama, pemuda serta tokoh masyarakat, agar ikut dalam membantu pengawasan jelang pemilu pilgub kali ini, dengan selalu menginformasikan jika adanya pelanggaran ataupun temuan diwilayahnya, untuk segera melaporkan," ucapnya, kepada Radar Karawang, kemarin usai melakukan sosialisasi di aula Desa Wancimekar.
Virgo melanjutkan, selain memberikan wawasan tentang tahapan pelaksanaan pemilihan umum dan potensi-potensi pelanggaran tiap tahapan pemilu, demi tegaknya keadilan pemilu. Sosialisasi ini bisa dipahami oleh masyarakat yang ada diwilayah ini. "Peserta diharapkan bisa menjadi jembatan untuk penyebarluasan informasi dari panwaslu kepada masyarakatnya yang ada dimasing-masing wilayahnya, agar proses pemilu bisa berjalan dengan seadil-adilnya dan jujur," katanya.
Oleh karenanya, sosialisasi ini tidak hanya untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat dan pemilih pemula terkait fungsi dari pengawasan pemilu. Akan tetapi, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, biar lebih baik lagi. "Kemudian masyarakat bisa mengetahui pentingnya pemilu, dan mamahami mekanisme penyelenggaraan pemilu," ujarnya.
Sementara itu, Jihad (42), tokoh masyarakat Dusun Krajan, Desa Wancimekar menambahkan, jika dengan adanya sosialisasi pengawasan partisipatif pada Pilgub Jabar 2018, setidaknya mampu memberikan pemahaman dalam mekanisme jelang pemilu. Selain itu, bisa mengetahui berbagai potensi pelanggaran serta aturan hukum saat proses pemilu. Sehingga ini dapat menjadi bekal pengetahuannya yang diharapkan bisa memberikan informasi terhadap warganya yang ada di lingkungannya. "Jadi bisa lebih jelas kalau ikut sosialisasinya, lebih tahu bentuk pelanggaran atau larangan yang tidak boleh dilakukan saat pemilu, jadi ini bisa sebagai informasi yang sangat bermanfaat," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template