Panwas Catat Ada Lima Pelanggaran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Panwas Catat Ada Lima Pelanggaran

Panwas Catat Ada Lima Pelanggaran

Written By Admin Raka on Kamis, 01 Maret 2018 | 11.15.00

PURWAKARTA,RAKA- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purwakarta telah menemukan sebanyak lima pelanggaran yang dilakukan oleh pasangan calon, Apartur Sipil Negara (ASN) dan institusi sejak dimulainya masa kampanye Pilkada Purwakarta pada 15 Februari 2018 lalu.
"Belum ada pelanggaran yang dilaporankan secara resmi oleh masyarakat, parpol atau paslon. Sejumlah pelanggaran ditemukan oleh petugas panwaslu di lapangan. Dua pelanggaran telah diputus dengan sanksi peringatan dan satu tentang kode etik (untuk ASN), satu rekomendasi pencopotan branding fasilitas negara dan satu lagi, masih dalam proses," ujar Ketua Panwaslu Purwakarta, Oyang Este, kepada awak media, Rabu (28/2).
Menurutnya, ketiga pasangan calon peserta Pilkada Purwakarta telah diberi peringatan terkait pelanggaran tersebut. "Kami melihat pelanggarannya, baru pada sebatas administratif, sanksinya telah diberikan peringatan," ucapnya.
Sementara, terkait paslon yang paling banyak melakukan pelanggaran, dari data yang dicatat panwaslu, pasangan calon nomor urut 3 Zainal Arifin-Luthfi Bamala (Zalu) dianggap yang terbanyak melakukan pelanggaran. Namun demikian, ia juga mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam hal pengawasan proses pilkada serentak kali ini, informasi awal berkenaan dengan adanya pelanggaran kampanye didapat dari masyarakat yang kemudian ditindak lanjuti oleh petugas panwaslu di lapangan. "Informasi awal tentang temuan pelanggaran, kita dapat dari masyarakat. Namun tidak dilaporkan secara resmi. Tapi langsung ditindaklanjuti oleh petugas," katanya.
Laporan yang sifatnya resmi, tambah Oyang, tentu saja pelapor harus datang secara fisik, atau bisa melalui fasilitas lain dan harus melampirkan identitas dan membawa saksi-saksi yang menyaksikan pelanggaran tersebut. Dengan peringatan-peringatan yang sudah ditegaskan, pihaknya berharap hal ini bisa menjadi rambu-rambu agar para paslon, relawan, ASN, institusi maupun tim pemenangan tidak melakukan pelanggaran pilkada. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template