Orang Jepang Ajari Siswa SMAN 1 Purwakarta Bahasa Jepang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Orang Jepang Ajari Siswa SMAN 1 Purwakarta Bahasa Jepang

Orang Jepang Ajari Siswa SMAN 1 Purwakarta Bahasa Jepang

Written By Admin Raka on Jumat, 09 Maret 2018 | 13.15.00

PURWAKARTA-RAKA- Kerja sama dengan The Jepang Foundation, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Purwakarta merasa terbantu dengan adanya program Nihongo Partner. Program tersebut merupakan program yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
Anne, guru bahasa Jepang SMAN 1 Purwakarta mengatakan, program Nihongo Patner bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang bagi guru bahasa Jepang di Indonesia. "Sangat terbantu sekali. Terutama untuk saya, karena saya kan dituntut untuk bisa bahasa Jepang, jadi saya jadi lebih banyak praktek untuk bahasa Jepang-nya," ungkapnya, kepada wartawan, Kamis (7/3).
Anne juga mengatakan, selain itu dengan adanya Nihongo Partner, disanping membantu guru, juga membantu siswa agar lebih mengenal cara pengucapan bahasa Jepang. "Siswa sekarang bisa praktek langsung dengan orang jepang nya, dan bisa lebih faham logat asli bahasa jepang," terangnya.
Sementara Kepala SMAN 1 Purwakarta, Asep Sundu Mulyana menjelaskan, bahwa selain bisa membantu dalam hal bahasa program tersebut, juga bisa mengenal budaya Negara Jepang. "Program yang bagus, karena Jepang dikenal dengan negaranya yang sangat disiplin, semoga juga menerap kedisiplinannya kepada guru terutama siswa," ucap Asep.
Untuk program Nihongo Partner, lanjut dia, sudah berjalan selama 6 bulan, terhitung dari bulan September 2017 hingga Maret bulan ini. "Sebanyak 20 orang sukarelawan asal Jepang yang mengikuti program tersebut. Tersebar ke beberapa wilayah di Jawa Barat," jelasnya.
Salah seorang mahasiswa asal Jepang, Mebae, menjadi sukarelawan dan membantu mengajar di Purwakarta. Mebae melihat, ada perbedaan antara pelajar Jepang dan pelajar Indonesia. "Di Jepang, jika ada siswa yang sudah mengerti ataupun yang belum mengerti, siswa tetap diam, berbeda dengan siswa di Indonesia, yang sudah mengerti dan belum mengerti tetap bertanya, jadi seru," ucap Mebae.(cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template