Optimalkan Sistem Online Pembuatan Akta Kelahiran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Optimalkan Sistem Online Pembuatan Akta Kelahiran

Optimalkan Sistem Online Pembuatan Akta Kelahiran

Written By Admin Raka on Sabtu, 03 Maret 2018 | 18.00.00

KARAWANG, RAKA - Meski sistem pelayanan pembuatan akta kelahiran secara online belum berlaku secara optimal, namun masyarakat sudah bisa menggunakan akses yang menggunakan jejaring sosial WhatsApp tersebut.
Januari lalu program tersebut masih dalam tahap perbaikan sehingga sistem pelayanannyapun belum bisa dipergunakan. Disdukcapil sendiri ketika itu optimis di bulan itu juga program itu dirampungkan. Apalagi secara teknis program tersebut memang sudah siap dioperasikan. "Untuk pelayanan informasi tidak ada masalah. Program online ini sudah bisa digunakan," ucap operator Bagian Pelayanan Pencatatan Sipil Disdukcapil Hasan Habsyi, belum lama ini. 
Diharapkan melalui sistem pendaftaran online pembuatan akta kelahiran tersebut, kedepannya bisa menjadi solusi untuk memangkas panjangnya proses pengurusan dokumen kependudukan tersebut. Keetika hal itu disinggung, Hasan sendiri tidak menyangkal yang diharapkan memang seperti itu. Apalagi, memang terkait persoalan itu sampai kini masih terus menjadi keluhan masyarakat.
Hasan hanya mengatakan pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Selama ini yang jadi alasan adalah kurangnya pegawai yang melayanan persoalan kependudukan. Sehingga kesan lamban selalu diungkapkan menyikapi keterlambatan proses pengurusan. Begitupun yang diungkapkan, meski tidak menyebutkan secara jelas alasan itu, Hasan tetap berharap agar ada tambahan pegawai sehingga pelayanan bisa dilakukan lebih cepat lagi.
Saat ini diantara upaya yang dilakukan Disdukcapil dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara online. Hal itu bertujuan untuk membantu warga yang memohonkan dokumen kependudukan agar berkas yang dibutuhkan lengkap. Sehingga pelayanan cepat dan pemohon pun tidak bolak balik ke kantor disdukcapil. Hasan mengatakan, per Januari saja warga yang mengajukan pembuatan akta kelahiran sudah mencapai kisara angka 1700 lebih," ungkapnya.
Sementara menyinggung sistem pelayanan online yang diluncurkan Disdukcapil, Hasan mengungkapkan persoalannya ada di server, tetapi kalau servernya sudah benar programnyapun bisa dioperasikan. "Masyarakat cukup memberikan berkas pengajuan pembuatan akta dengan cara memberikan foto. Jika berkasnya lengkap maka satu hari akta itu jadi. Tetapi jika datanya masih kurang maka kita akan berikan informasinya," ujarnya.
Kendati demikian Hasan juga tidak memungkiri jika kendala sudah pasti ada. Terutama terkait foto yang diberikan tidak semua foto pemohon yang dikirim jelas gambarnya.
"Soal kendala sudah pasti ada. Terkadang akibat foto yang dikirim tidak jelas membuat kita kesulitan bisa memprosesnya dengan maksimal. Untuk itu pemohon pun harus mengulang mengirim fotonya lagi," ucapnya. 
Sementara itu, Kabid Pencatatan Sipil Disdukcapil Nining Ratna Ningsih menyampaikan, pihaknya akan terus berusaha memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cara mudah cepat dan akurat. "Kita sudah upayakan melayani masyarakat dengan mudah dan cepat dalam mengurus agar gampang. Hal ini kita lakukan dengan bertujuan agar dapat menghindari percaloan. Untuk itu, jika berkasnya lengkap yang diajukan dalam satu hari bisa jadi dan itu gratis," ungkapnya. (ari)

Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template