Olimpiade Sains Nasional Diikuti 539 Peserta - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Olimpiade Sains Nasional Diikuti 539 Peserta

Olimpiade Sains Nasional Diikuti 539 Peserta

Written By Admin Raka on Senin, 26 Maret 2018 | 13.30.00

PURWAKARTA,RAKA- MUsyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA, Matematika dan IPS  UPTD SD Menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) se- Kabupaten Purwakarta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Sabtu (24/3) di SMPN 1 Purwakarta.
Ketua panitia Enjang Sarip Hidayat, mengatakan, kegiatan OSN SD-SMP 2018 di ikuti oleh perwakilan SD sebanyak 102 peserta dengan rincian 51 peserta matematika dan 51 peserta IPA. Sementara untuk jumlah peserta mata pelajaran IPA SMP sebanyak 135 peserta dari 52 sekolah SMP reguler, satu atap dan swasta. "Jumlah peserta mata pelajaran matematika SMP sebanyak 136 peserta dari 57 sekolah SMP reguler, satu atap dan swasta dan jumlah peserta mata pelajaran IPS SMP 166 peserta dari 77 sekolah SMP reguler, satu atap dan swasta. Jadi jumlah total peserta 539 peserta," ungkap Enjang.
Ia juga mengatakan,  untuk naskah soal dibuat oleh tenaga ahli Direktorat Pembinaan SD, Direktorat Pembinaan SMP Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
"Kunci jawaban dibawa oleh tim monitoring dan evaluasi OSN Direktorat Pembinaan SD Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuktingkat SD, sehingga bisa diperiksa langsung," terang dia.
Sedangkan Kunci jawaban SMP, lanjut dia, dikirim melalui email ke kasi kurikulum dan penilaian sesuai jadwal yang telah ditetapkan yaitu 1 jam setelah pelaksanaan OSN.
"Namun sampai jam 12 pun email belum ada, jadi untuk keamanan lembar jawaban diamankan oleh dinas pendidikan dan menunggu kunci jawaban ada, nanti diperikasa oleh pemeriksa yang kredibel," Tegas dia.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan H. Purwanto mengatakan, anak-anak  harus difasilitasi dalam pengembangan berbagai potensinya termasuk di bidang akademik. "OSN ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kita untuk para penyelenggara pendidikan dan para pendidik. Peserta didik akan terbangun jiwa kompetitifnya dan sportifitasnya," terang dia.
Ia juga menuturkan, penyelenggara pendidikan dan para pendidik akan mengetahui seberapa berhasil mereka menumbuh kembangkan potensi akademik anak-anaknya dan mereka juga dapat mengukur kapasitas peserta didik mereka dibandingkan dengan anak-anak lainnya. "Ini semua pada akhirnya akan berguna untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam pola pendidikan yang harus terus dikembangkan di lingkungannya," pungkasnya.(cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template