Nasabah Kartu Tani Terdongkrak Gagal Panen - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Nasabah Kartu Tani Terdongkrak Gagal Panen

Nasabah Kartu Tani Terdongkrak Gagal Panen

Written By Admin Raka on Rabu, 21 Maret 2018 | 17.30.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Minat petani di Kecamatan Telukjambe Barat untuk memiliki Kartu Tani meningkat. Saat ini yang terdata menjadi nasabah program subsidi pertanian yang digulirkan pemerintah itu mencapai 4579 petani dari 10 desa yang ada di kecamatan tersebut.
Program subsidi langsung melalui Kartu Tani ini bertujuan untuk memastikan subsidi lebih tepat sasaran kepada para petani. "Pendistribusian kartu tani kita adakan di dua titik terpisah, yakni di kantor Balai Pertanian dan Penyuluhan Kecamatan Telukjambe Barat di desa Karangligar dan Desa Wanasari," ucap petugas distribusi kartu tani Adan Sumarno, Selasa (20/3).
Adan menambahkan antusias petani untuk dapatkan kartu tani, di wilayah Kecamatan Telukjambe Barat naik hingga 300 persen, dari sebelumnya hanya 18,90 persen. Petani merasa yakin program tersebut bisa meringankan beban mereka saat proses produksi tanam padi tiba. Terlebih bagi petani yang kerap mengalami musibah gagal panen dan serangan hama padi seperti yang terjadi akhir-akhir ini.
Seperti diakui Adit (40) petani Desa Karang Mulya, sebelumnya dia tidak begitu tertarik dengan program tersebut, akan tetapi setelah salah satu rekannya yang juga sebagai petani mendapatkan subsidi kebutuhan tanam padi, dia jadi tertarik. "Awalnya saya tidak begitu tertarik karena belum jelas apa dan kegunaannya nanti, tapi setelah saya dapat informasi dari teman sesama petani yang mendapatkan subsidi kebutuhan pupuk, bibit dan yang lainnya saya langsung mendaftar bersama rekan-rekan petani lainnya. Di dusun kami saja hampir semua mendaftar menjadi nasabah kartu tani," akunya.
Koordinator wilayah Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Telukjambe Barat, Abidin. SP kartu tani ini akan memuat database petani yang lebih akurat dan terintegrasi. Kartu Tani juga dimaksudkan untuk memudahkan pendistribusian dan pengendalian serta pengawasan pupuk bersubsidi kepada petani yang berhak. Sesuai data, lanjut dia di sistem informasi penyuluh pertanian (Simluhtan) ada 4579 petani Kecamatan Telukjambe Barat yang akan mendapat kartu tersebut di tahun 2018 ini. "Kartu tani ini akan memberikan kenyamanan bagi penyelenggaraan produksi pertanian sehingga mendapatkan mutu maksimal dan petani bisa hidup lebih sejahtera," katanya. (yfn)

Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template