Metode Belajar Nyaman Perlu Diterapkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Metode Belajar Nyaman Perlu Diterapkan

Metode Belajar Nyaman Perlu Diterapkan

Written By Admin Raka on Minggu, 04 Maret 2018 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Pendidikan nilai dianggap menjadi bagian terpenting dari penyelenggaraan dunia pendidikan. Alasannya, banyak anak yang pintar dan lulusan terbaik namun seperti tidak terdidik.
Hal itu diungkapkan pemerhati dunia pendidikan Syarif Hidayatulloh, baru-baru ini. Karena itu, lanjut dia, pendidikan nilai harus ditanamkan di usia sekolah. Sehingga menghasilkan generasi muda terpelajar. "Selain mata pelajaran yang sudah baku, yang perlu ditanamkan kepada siswa adalah sajian ahklakul karimah yang dicontohkan dari pendidik tersebut," terang Syarif. 
Karena menurut Syarif, tanpa disadari anak sering kali meniru gaya dan kebiasaan guru di dalam proses belajar mengajar, dari itu mungkin selain yang disampaikan penting juga kualitas sang penyampai materi pendidikan. Mengenai Ujian Nasional Berbasis Komputer, ketika itu disinggung, Syarif mengaku ada plus minusnya. Minusnya itu, ada pada pihak sekolah terutama.
"Tidak bisa dipungkiri sarana pendidikan di Indonesia belum sepenuhnya merata jadi jikalau pemerintah menerapkan UNBK ini bisa mengakibatkan pihak sekolah kebingungan dalam menghadapi hajat tahunan pendidikan itu. Terutama terkait dengan jumlah komputer dari setiap sekolah yang masih minim di tengah IPTEK yang semakin canggih," ujar Syarif yang juga guru di MI Al Khoeriyah Desa Karang Satu, Bekasi ini.
Terkecuali, lanjut dia, apabila pemerintah ingin melaksanakan ujian nasional secara online, mereka harus menjamin ketersediaan infrastruktur yang mendukung dan juga jangan terlalu terburu-buru untuk melaksanakannya. Pemerintah pun perlu melakukan sosialisasi langsung ke sekolah jauh-jauh hari sebelum ujian nasional dilaksanakan agar tidak menimbulkan masalah yang telah disebutkan di atas.
Sementara nilai plusnya, Sangat banyak bagi siswa khususnya. Di zaman yang serba online ini, kata dia, dimana siswa diajarkan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman. "Untuk menjadikan pendidikan bisa sampai kepada tujuan pendidikan maka harus menambah alokasi waktu yang sudah baku. Tetapi dengan cara menghadirkan suasana belajar yang nyaman dan kualitas sarana dan prasarana yang memadai," katanya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template