Mahasiswa Sebut Pemkab Tidak Transparan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mahasiswa Sebut Pemkab Tidak Transparan

Mahasiswa Sebut Pemkab Tidak Transparan

Written By Admin Raka on Jumat, 02 Maret 2018 | 13.00.00

PURWAKARTS,RAKA- Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Purwakarta (Permata) menggelar aksi turun ke jalan untuk menyuarakan keterbukaan informasi publik.
Koordinator aksi Septio Ali Reza mengatakan, dalam hal ini mempertanyakan keterbukaan informasi yang bersifat publik, seperti akses untuk mengetahui APBD atau RPJMD Kabupaten Purwakarta dinilai tertutup. "Purwakarta 1 dari 15 kabupaten di Jawa Barat yang tidak memiliki kebijakan soal transparansi, keterbukaan informasi publik dan transparansi, sehingga masyarakat akan kesulitan memperoleh informasi," katanya, Kamis (1/3).
Ia juga menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Purwakarta perlu memperhatikan penghasilan pemerintah desa atau yang biasa disebut siltap sebagai hak pegawai desa yang harus dibayarkan tiap bulannya oleh pemerintah. "Berdasarkan informasi yang kami terima, bahwa Pemerintah Kabupaten Purwakarta belum membayar siltap untuk aparat desa. Bahkan, menunggak hingga lebih dari empat bulan," imbuhnya.
Berdasarkan UU Nomor 6 tahun 2014 Pasal 66 ayat 1, Lanjut Septio, kepala desa dan perangkat desa memperoleh penghasilan tetap setiap bulan. "Kalau siltap tidak diberikan ini kan pelanggaran UU namanya, yang bertanggung jawab atas itu semua adalah pemkab," paparnya.
Sementara Ketua Umum Pengurus Besar Permata Dion Murdiono mengatakan, perlu juga untuk Kejaksaan Negeri menindak praktek korupsi di lingkungan Pemrintah Kabupaten Purwakarta. "Perlu diusut kembali adanya dugaan penyimpangan anggraan kegiatan DPRD Purwakarta tahun anggaran 2016 sebesar Rp 37 miliar," terang Dion.
Lebih lanjut ia mengatakan, menghadapi Pilkada 2018 Aparatur Sipil Negara harus bersikap netral sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Ia menilai, keterlibatan ASN dalam politik praktis sangat mengkhawatirkan. "ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi dari berbagai golongan dan partai politik, untuk tidak terjerumus dalam politik praktis," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template