Longsor Batu Putus Jalan Babakan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Longsor Batu Putus Jalan Babakan

Longsor Batu Putus Jalan Babakan

Written By Admin Raka on Sabtu, 10 Maret 2018 | 10.30.00

PURWAKARTA,RAKA- Cuaca buruk yang terjadi beberapa terakhir serta aktivitas penambangan batu oleh PT Mandiri Sejahtera Sentra (MMS) di Gunung Miyun, dituding jadi pemicu terjadinya longsor di Kampung Babakan, RT 14 RW 04, Desa Pamoyanan, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta.
Meski tidak ada korban jiwa, namun longsor tersebut mengakibatkan akses penghubung antar kampung di wilayah itu terputus dan merusak sejumlah fasilitas milik warga. Selain itu hektaran sawah milik petani sekitar ikut tergerus longsor. "Kejadiannya kemarin sore, saat hujan saya dengar suara gemuruh dari atas gunung, lalu bersama warga lain menyelamatkan diri,'' kata Ujang (30) warga sekitar kepada Radar Karawang, Jumat (9/3).
Warga menuding longsor terjadi akibat pihak perusahaan tambang batu PT MSS ceroboh dalam membuang material limbah di atas gunung. Akibatnya, saat musim hujan batu bercampur lumpur turun ke pemukiman warga. "Peristiwa longsor ini sudah dua kali terjadi, namun ini yang paling parah," kata Ujang.
Sementara, Kepala Desa Pamoyanan, Cecep Supriadi mengatakan, pihaknya sudah melaporkan peristiwa itu ke pihak kecamatan dan dinas terkait. "Yang pertama kita lakukan adalah memastikan tidak ada korban jiwa, kemudian kita dibantu warga membuka kembali akses jalan yang tertutup longsor,'' ujarnya.
Cecep menambahkan, pemerintah desa telah berkordinasi dengan pihak perusahaan tambang batu, guna menanggulangi bencana longsor tersebut.
Dihubungi terpisah, Iip Zaini salah satu petugas lapangan perusahaan PT MSS menyatakan, pihak perusahaan telah berupaya menanggulangi bencana tersebut "Kita sudah menurunkan alat berat untuk membantu evakuasi longsor,'' ujarnya.
Disinggung soal adanya lahan petani dan pemukiman penduduk yang tergerus longsor, pihaknya berjanji akan mengganti kerugian warga. "Pasti kita ganti rugi, sekarang sedang mendata yang terkena dampaknya," ujarnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template