LKPJ Desa Purwadana Berlangsung Kemarin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » LKPJ Desa Purwadana Berlangsung Kemarin

LKPJ Desa Purwadana Berlangsung Kemarin

Written By Admin Raka on Kamis, 22 Maret 2018 | 15.15.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Pemerintah Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe Timur, Rabu (2/3) menggelar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2017 langsung dihadapan Badan Permusyawaratan Desa (BPD),  Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) serta kepala-kepala dusun di wilayah desa itu dan tokoh masyarakat. Bahkan kegiatan disaksikan Camat Telukjambe Timur dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan  Desa (DPMD).
Kepala Desa Purwadana Endang Heryana SH, mengatakan LKPJ yang dilakukan sebagai transparansi Pemerintah Desa Purwadana selama 2017 serta merupakan bagian dari mekanisme dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan yang berkaitan dengan tugas–tugas pokok dan fungsi pemerintah desa, yang meliputi pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, pelayanan serta pemberdayaan masyarakat selama kurun waktu 2017.
"Sesuai amanat Undang-undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, semua kepala desa di seluruh Indonesia harus memberikan laporan pertanggungjawaban. Baik laporan pertanggungjawaban akhir tahun anggaran serta Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) akhir tahun anggaran," ucap Endang.
Laporan-laporan itu, kata Endang berpedoman kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 35 Tahun 2007 tentang Pedoman Umum Tata cara dan Pertanggungjawaban penyelenggaraan Pemerintahan Desa, dan Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Undang-Undang nomor 5 tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata cara dan Pertanggungjawaban penyelenggaraan Pemerintahan Desa.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Ade Sudiana menyampaikan LPPD kepala desa untuk memberikan gambaran kepada Pemerintah Kabupaten Karawang tentang Pemerintahan, Pembangunan, Kemasyarakatan yang dilaksanakan Pemerintah Desa Purwadana selama kurun waktu satu tahun, yaitu dari Bulan Januari sampai Desember 2017. "Penting disadari bahwa hasil yang dicapai merupakan kerja keras semua pihak, baik Pemerintahan Desa maupun seluruh komponen pembangunan yang ada di Desa Purwadana," jelas Ade.
Sedang program yang belum berhasil dicapai dilihat sebagai tantangan untuk diatasi dimasa yang akan datang. Hasil–hasil penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, pelayanan serta pemberdayaan masyarakat selama kurun waktu 2017, sudah dijelaskan pada laporan pertanggungjawaban kepala desa tadi. "Keberhasilan yang dicapai bersama masyarakat selama 2017 merupakan akumulasi hasil pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan dari tahun sebelumnya," tandasnya.
Sementara mekanisme pelaksanaannya, terang Ade, menggunakan Rencana Pembangunan Tahunan Desa yang merujuk pada Dokumen Rencana Pembangunan Jangka menengah Desa (RPJMDes) yang dilakukan secara partisipatif, sinergis, koordinatif, transparan, akuntabel dan berkelanjutan melalui pemanfaatan potensi, peluang, serta melihat kelemahan dan tantangan yang dihadapi dalam pembangunan.
Camat Telukjambe Timur H. Asep Cece Juhandi menambahkan LPPD itu disamping kewajiban konstitusional dan proses raport dari pelaksanaan pembangunan Desa Purwadana selama setahun juga pertanggung jawaban moral pelaksanaan kegiatan pembangunan kepada masyarakat yang dijadikan landasan pembangunan berikutnya, dan sebagai bahan perbaikan penyelenggaraan pemerintah tahun berikutnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template