Lebih Senang Belajar di Luar Kelas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lebih Senang Belajar di Luar Kelas

Lebih Senang Belajar di Luar Kelas

Written By Admin Raka on Selasa, 27 Maret 2018 | 15.45.00

CIAMPEL, RAKA - Bahagia dan penuh keceriaan terpancar pada setiap wajah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Ciampel saat pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) kali ini. Pasalnya yang biasa belajar di dalam ruangan, kali ini sejumlah siswa tengah mengikuti KBM di luar ruangan tepatnya di sekitar Bendungan Walahar.
Salsabila misalnya, perempuan yang memiliki wajah manis ini mengaku lebih senang mengikuti kegiatan belajar kali ini. Selain bisa memberikan hiburan kepada siswa juga menambah semangat siswa dalam sekolah. Karena biasanya pelaksanaan belajar sering dilakukan di dalam ruangan kelas saja. "Bisa belajar di luar kelas sekarang mah, lebih asyik lebih seru juga," ucapnya.
Banyak pelajaran yang didapatkan dari pelaksanaan belajar di luar kelas itu, pertama siswa bisa lebih memahami kondisi lingkungan saat ini. Kedua siswa bisa lebih semangat dalam belajar dengan suasana yang berbeda dari sebelumnya. "Semua kelas bisa belajar di luar, tergantung jadwalnya masing-masing kelas," jelasnya.
Tak hanya itu kata dia, nampak jelas terlihat wajah dari setiap siawa yang mengikuti kegiatan belajar di luar juga begitu bahagia. Meski belum terbiasa namun yang jelas bisa membawa dampak positif bagi siswa saat berlangsungnya pembelajaran. "Kalau boleh setiap minggu dijadwalin buat belajar di luar kelas biarlebih segar," pintanya.
Hal serupa juga disampaikan Wiwin Winarsih, sebelumnya seluruh siswa tengah mengikuti pelaksaan kegiatan bekajar di luar dengan berkunjung ke musem di Bandung. Namun saat ini program belajar di luar sekolah juga sudah mulai dikembangkan oleh setiap program dari gurunya masing-masing. "Dulu ke Bandung setiap satu tahun sekali, sekarang setiap minggu cuman belajar dekat lingkungan sekolah," terangnya.
Salah satu guru yang membuat program belajar di luar kelas, Mustaqim menerangkan, butuh kerjasama antara guru serta siswa untuk menjalankan program belajar di luar sekolah. Sebab, sebelum menjadi program rutin setiap minggunya butuh konsitensi dari siswa untuk bisa lebih semangat dalam belajar. "Kita juga tidak sembarang buat program, pengenalan dulu ke siswa dan guru lainnya alhamdulilah antusias siswa juga sangat tinggi, semoga bisa terus berlanjut," harapnya. (yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template