Lahan Teknis di Tirtamulya Tidak Jelas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lahan Teknis di Tirtamulya Tidak Jelas

Lahan Teknis di Tirtamulya Tidak Jelas

Written By Admin Raka on Selasa, 13 Maret 2018 | 14.00.00

TIRTAMULYA, RAKA - Persoalan lahan teknis pertanian di wilayah Kecamatan Tirtamulya yang harus dipertahankan atau yang masuk peraturan daerah (Perda) Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) tidak transparan. Padahal sejumlah petani mengharapkan lahan pertanian di Tirtamulya tidak terus-terusan berkurang.
Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Tirtamulya Adang Rahayu menyampaikan, para petani yang ada di wilayah Kecamatan Tirtamulya diharapkan tidak tergiur untuk menjual lahannya. Karena persoalan alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman terus terjadi di Tirtamulya. "Saya berpesan agar para petani tidak menjual sawahnya, sektor pertanian di wilayah ini harus tetap dipertahankan," ucapnya, kepada Radar Karawang, Kemarin.
Ia melanjutkan, persoalan desa mana saja yang sudah terjadi penyusutan lahan pertanian menjadi perumahan atau pemukiman. Dirinya tidak mengetahui pasti berapa luas serta titik mana saja lahan yang sudah terkikis. "Total keseluruhan lahan pertanian di 10 desa yang ada di kecamatan ini ada 2.521 hektare. Kalau soal desa mana saja lahan pertanian yang dilindungi Perda LP2B itu, kami belum tahu secara detail," ucapnya.
Sebelumnya Sujana, tokoh masyarakat Kecamatan Tirtamulya, sempat menyinggung adanya alih fungsi lahan pertanian seluas sembilan hektare di Desa Citarik. Hal itu sangat menyalahi aturan tata ruang wilayah di Kabupaten Karawang. "Emang sudah ada beberapa desa yang tadinya itu lahan pertanian sekarang dibangun menjadi lahan pemukiman atau perumahan," katanya.
Ketika Radar Karawang, mendatangi kantor Kecamatan Tirtamulya untuk mengkofirmasi di wilayah mana saja lahan pertanian yang sudah dialih fungsikan menjadi perumahan serta berapa luas lahan pertanian secara keseluruhan yang saat ini sudah dialih fungsikan menjadi perumahan. Camat Tirtamulya Dindin Rachmadhy yang baru bertugas di wilayah ini, sedang tidak berada di kantor karena sedang rapat di pemerintah daerah Kabupaten Karawang. Hal itu disampaikan pegawai kecamatan Awang Darmawan. "Pak camatnya sedang ke Karawang, sedang menghadiri rapat, paling besok aja sekalian minggon kecamatan kalau mau menanyakan persoalan alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan mah, soalnya kita tidak tahu, jadi nanti ke pak camat saja," paparnya.
Sebelumnya, Abas Goro Anggota Satpol PP Kecamatan Tirtamulya, membenarkan bahwa ada beberapa wilayah di setiap desa yang berbeda sudah mulai adanya proyek pengerjaan pembangunan perumahan. Lahan yang dibangun itu tadinya lahan sawah teknis. "Iya sudah ada beberapa lokasi lahan pertanian, kini menjadi perumahan, cuman kalau berapa luas lahan pertanian yang sudah beralih fungsi nanti ke pihak terkait saja, kita kurang tau pasti. Cuman kalau pembangunannya memang benar sedang berjalan," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template