Kutaampel Wakili Batujaya Dalam Lomba Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kutaampel Wakili Batujaya Dalam Lomba Desa

Kutaampel Wakili Batujaya Dalam Lomba Desa

Written By Angga Praditya on Jumat, 23 Maret 2018 | 19.27.00

BATUJAYA, RAKA- Guna meningkatkan peran desa terhadap pelayanan masyarakat agar lebih baik, Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang gelar lomba desa. Pemerintah Desa Kutaampel dipercaya sebagai wakil Kecamatan Batujaya dalam lomba desa tersebut.
Menurut Kepala Bidang DPMD Karawang, Eko Mubarok, lomba desa tersebut bertujuan selain sebagai pengecekan pekerjaan desa, juga memeriksa administrasi desa. Sehingga pemerintah desa dapat memperbaiki semua kegiatan desa. Dalam lomba desa tersebut akan ditentukan 6 desa terbaik se- Kabupaten Karawang, sehingga 6 desa tersebut ditunjuk sebagai desa yang akan menjadi pelopor atau percontohan bagi desa-desa lainnya. Terlebih, agar baik pekerjaan maupun adiminstrasi dapat berjalan lebih baik lagi. "Dari jumlah seluruh desa di Kabupaten Karawang diverifikasi menjadi 29 desa, dikerucutkan lagi menjadi 18 desa, lalu diperkecil lagi menjadi 8 desa, dan akhir menjadi 6 desa yang terbaik," ujarnya.
Diawali dengan pelaksanaan tahapan-tahapan lomba desa yang sesuai dengan Permen Nomor 81 tahun 2018, sebelumnya dilaksanakan evaluasi diri dari masing-masing desa, setelah disosialisasikan terlebih dahulu melalui kasi pemerintahan dan dipilih desa yang paling banyak skornya dari satu kecamatan tersebut. Dari 6 desa tersebut akan diklasifikasi sesuai dengan nilainya masing-masing mulai dari juara 1, 2 dan 3, serta juara harapan 1, 2 dan 3. Dan dijadikan contoh untuk seluruh desa se-Kabupaten Karawang. "Reward sendiri kita berikan penghargaan, dan jika ada dananya, kita akan berikan sesuai dengan anggaran," ucapnya.
Adapun 3 kriteria yang dinilai dalam lomba desa tersebut yaitu bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Dan ketiga kriteria lomba tersebut mempunyai beberapa poin yang harus dilaksanakan oleh peserta lomba.
Kepala Desa Kutaampel, Rohmat, mengaku siap untuk dijadikan sebagai desa percontohan dan juga sebagai desa yang terpilih di Kecamatan Batujaya untuk dijadikan sebagai satu-satunya desa yang mengikuti lomba desa tersebut. Meskipun baru menjadi seorang kepala desa, dirinya mengaku sangat siap untuk mengikuti lomba tersebut. "Karena dari Kecamatan Batujaya desa saya yang terpilih, saya siap untuk melaksanakannya. Dan mudah-mudahan ini menjadi motivasi saya agar dalam melaksanakan kewajiban sebagai kepala desa bisa lebih baik lagi," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template