Kopel Deklarasi Anti Kekerasan Perempuan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kopel Deklarasi Anti Kekerasan Perempuan

Kopel Deklarasi Anti Kekerasan Perempuan

Written By Admin Raka on Senin, 12 Maret 2018 | 13.30.00

PURWAKARTA,RAKA- Dalam rangka memperingati hari perempuan Internasional, Komunitas Pena dan Lensa (Kopel) Kabupaten Purwakarta menggelar beragam acara yang dipusatkan di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wibawa Karta Raharja (STIE Wikara), Sabtu (10/3), dilanjutkan dengan deklarasi anti kekerasan terhadap perempuan, Minggu (11/03).
Pagelaran acara tersebut menampilkan lomba puisi, aksi mural, pameran seni rupa, pentas seni, malam puisi, musik, aneka lomba, dan talk show. Hari ini, digelar longmarch serta deklarasi anti kekerasan perempuan.
Ketua Kopel, Hadi Ibnu Sabil mengatakan, rangkaian acara tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya peran perempuan dalam tatanan kehidupan masyarakat. “Secara umum kami ingin menunjukan kepada masyarakat luas, khususnya masyarakat Purwakarta, bahwa pada perempuan memiki peran yang sangat pentin di dalam kemajuan masyarakat” jelas Hadi.
Menurutnya, selama ini potensi perempuan belum maksimal dalam rangka memajukan kehidupan di masyarakat dari segala bidang. “Kami merasa bahwa kodrat wanita dan pria tidak bisa dihilangkan, namun dalam sejumlah bidang keunggulan wanita harus di dukung. Keunggulan tersebutlah yang mampu membuat kehidupan masyarakat bisa jauh lebih baik,” jelasnya.
Di tempat yang sama, aktivis perempuan Kabupaten Purwakarta, Yayu Nurhasanah menyatakan, semua pihak harus mau mengedukasi soal pentingnya menjaga harga diri dan martabat perempuan dari segala bentuk diskriminasi. “Dalam berbagai hal semua sistem harus membuat harga diri dan martabat perempuan dijunjung tinggi. Tidak boleh lagi ada pelecehan terhadap perempuan dalam konteks apapun," katanya.
Yayu menambahkan, selama ini perempuan belum memiliki ruang gerak yang aman dan nyaman. "Di manapun tempatnya, pelecehan kerap terjadi kepada wanita. Hal ini harus kita hilangkan. Wanita harus memiliki ruang gerak yang aman dan nyaman," ungkapnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template