Kolam Cibulukan Diklaim Peninggalan Belanda - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kolam Cibulukan Diklaim Peninggalan Belanda

Kolam Cibulukan Diklaim Peninggalan Belanda

Written By Admin Raka on Senin, 05 Maret 2018 | 11.30.00

PURWAKARTA,RAKA- Kabupaten Purwakarta banyak menyimpan destinasi wisata alam yang layak dikunjungi. Meski termasuk wilayah kecil diantara kabupaten lain yang ada di Jawa Barat, namun tempat-tempat wisatanya tak kalah menakjubkan dengan daerah lain.
Sebut saja, Taman Sribaduga Situ Buleud, Waduk Jatiluhur, Bendungan Cirata, Wisata Gunung Parang, Situ Wanayasa, Gunung Bongkok, serta tempat-tempat lain yang layak dikunjungi. Banyaknya tempat wisata di Purwakarta itu, tidak lepas dari peran Pemkab Purwakarta yang terus berinovasi membangun dan merawat sejumlah denstinasi di wilayah itu. Seperti salah satunya tempat yang masing asing di telinga masyarakat yaitu kolam pemandian Cibulakan tepatnya di Kampung Babakan, Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta.
Meski kolam tersebut saat ini digunakan untuk warga terutama anak-anak sebagai sarana bermain, Namun siapa sangka bahwa tempat tersebut ternyata memiliki sejarah. Lantaran kolam pemandian tersebut merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda yang memiliki banyak fungsi dan sangat bermanfaat bagi warga sekitar. Hingga saat ini, selain menjadikan sebagai sarana berenang, warga sekitar juga memanfaatkan air yang ada di kolam tersebut untuk mengairi sawah, kolam ikan, bahkan sebagai kebutuhan untuk mengairi areal perkebunan mereka. Meski belum dikemas hingga menjadi sebuah obyek wisata, namun tetap saja kolam Cibulakan tersebut menjadi sarana bermain pavorit bagi warga sekitar.
Salah seorang pengunjung, Raihan Maldini (25), mengaku merasa puas saat berkunjung ke tempat tersebut. Pasalnya, menurut Raihan hanya dengan membayar biaya pemeliharaan kolam sebesar Rp 2000, maka dirinya sudah bisa bermain di areal kolam Cibulakan yang berair bening itu sepuasnya. "Cuma di sini kita bisa bermain dengan puas tanpa membuat kantong kita bolong, belum lagi tempat ini merupakan tempanya memiliki historis karena bangunanya peninggalan Belanda," ujarnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template