KGL Disebut-sebut Terjerat Masalah Keuangan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » KGL Disebut-sebut Terjerat Masalah Keuangan

KGL Disebut-sebut Terjerat Masalah Keuangan

Written By Admin Raka on Senin, 26 Maret 2018 | 18.00.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Koperasi Guru Lemahabang (KGL) yang belum melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) di sebut-sebut terjerat persoalan keuangan dan keanggotaan yang belum beres. Kondisi itu membuat Mantan Ketua KGL mewanti-wanti penyelamatan koperasi.
Mantan Anggota KGL yang meminta dirahasiakan namanya mengatakan, dirinya keluar dari KGL karena memang lagi butuh uang. Awalnya memamg diarahkan untuk tidak boleh keluar tapi dirinya memaksa karena kondisi internal KGL diakuinya sedang fluktuatif, akhirnya sebut sumber itu, uang simpanan pokok, simpanan wajib dan Sukarela dikembalikan padanya. "Saya keluar karena lagi butuh uang, kalau tidak lagi terdesak uang saya juga tidak ingin keluar," ujarnya.
Dikatakan mantan Ketua KGL Raharjo, kepengurusan KGL saat ini dimintanya agar bekerja optimal, yaitu keuangannya yang harus dibenahi. Ia menilai situasi saat ini ada gejala ketidakberesan dalam pembagian pinjaman, bahkan beberapa anggota diantaranya juga memilih mundur dari KGL, sehingga jumlah anggota saat ini kurang memungkinkan akibat pemasukan seret, baik dalam bentuk tagihannya maupun dalam bentuk pinjaman. Disisi lain, kesadaran untuk simpanan wajib juga berkurang, apalagi pembayaran pinjaman juga tersendat. "Kalau keuangan tidak ada apa boleh buat. Tapi yang pasti saya berharap KGL bisa dilaksanakan rapat khusus membentuk panitia RAT segera," katanya.
Menurut Raharjo, tantangan bagi KGL saat ini adalah lembaga pelindungnya, bisa atau tidak melakukan pendekatan preventif seperti Dekopinda dan Dinas Koperasi dan UKM turun tangan menyimapi polemik di internal KGL. Sebab, ia khawatir, digelarnya RAT juga dalam agenda pemilihan ketua baru, tidak ada yang sudi mencalonkan karena kondisi KGL yang terus berkurang jumlah keanggotaannya. Ia berharap, dalam RAT nanti ditetapkan pengurus lama, namun jumlahnya bisa dirampingkan. Itu, tidak menyalahi Ad/ART, itu agar yang di olah dan diupayakannya bisa cepat selesai baik pendekatan keorganisasiannya, maupun opersional kegiatan dan assetnya. Sebab, ia melihat, butuh waktu lama kembalikan kepercayaan anggota KGL yang sudah terlanjur keluar. "Kita berharap ada penyelesaian cepat, satu diantaranya ya Kepengurusan dirampingkan kalau nanti RAT," pesannya.
Ketua KGL Lemahabang Ahmad Firdaus membantah anggapan bahwa ada ketidakberesen secara signifikan dalam hal pengelolaan KGL saat ini. Diakuinya, memang ada beberapa kendala di perbendaharaan, namun itu tidak berlarut dan masih dalam kondisi baik terkendali. Adapun beberapa anggota yang keluar, diakui Oos, bahwa anggota setiap tahun memang ada saja yang mundur bahkan ada juga yang diberhentikan karena pertimbangan-pertimbangan yang matang, utamanya macetnya setoran ke KGL, sehingga hal itu merupakan hal yang wajar untuk penyelamatan keuangan KGL.
Disinggung waktu RAT, ia pastikan Kamis (29/3) ini gelaran rapat pertanggungjawaban tahunan itu akan dilaksanakan. Soal pemilihan, siapapun calonnya KGL membuka lebar bagi yang membidik posisi Ketua dan struktur lainnya. Ia jamin, selama kepengurusannya, masih dalam tahap wajar dan berupaya keras untuk bisa bertahan menstabilkan kesehatan KGL. "Tidak ada permasalahan mendasar, kita mau RAT nanti Kamis," ujarnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template