Kekurang Komputer Jangan Dibebankan pada Siswa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kekurang Komputer Jangan Dibebankan pada Siswa

Kekurang Komputer Jangan Dibebankan pada Siswa

Written By Admin Raka on Sabtu, 03 Maret 2018 | 20.00.00

KARAWANG, RAKA- Guna menopang standarisasi pendidikan tinkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Karawang, agar bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Selain Ruang Kelas Baru (RKB), seharusnya perusahaan swasta yang berada di Kabupaten Karawang melalui dana corporate social responsibily (CSR) bisa membantu kebutuhan komputerisasi di setiap SMPN yang ada. Pasalnya, dari kurang lebih 159 SMP yang berada di Kabupaten Karawang, baru 15 SMP swasta yang bisa melaksanakan UNBK.
Menurut H Endang Sodikin, anggota DPRD Komisi D, DPRD Karawang berharap, bukan hanya sekolah swasta yang bisa melaksanakan UNBK, SMP Negeri justru jangan hanya terpaku pada ujian yang bisa dilaksanakan dengan media kertas. "Kedepan perlu ada politik will bersama pemda, pemerintah kabupaten harus bisa menjawab sikap pemerintah pusat tentang UNBK ini, pemda harus sigap untuk imbauan pemerintah. Terlebih dengan UNBK ini bisa membangkitkan psikomotor anak," ujarnya kepada Radar Karawang.
Adapun UNBK ini merupakan suatu hal yang diharuskan sebagai standarisasi pendidikan di kabupaten atau kota, meskipun bukan kewajiban, namun harus bisa dilaksanakan sebagai jawaban dari imbauan pemerintah pusat. Namun dirinya memgaku keberatan jika kebutuhan komputerisasi harus dibebankan kepada orang tua siswa. "Kendala kita belum bisa lengkapi kebutuhan komputerisasi," ucapnya.
Solusinya, lanjut dia, selain anggaran APBD, mestinya ketika pemerintah memberikan program secamam ini, termasuk di dalamnya komputer sebagai alat yang dibutuhkan bisa di bagikan melalui provinsi atau kabupaten/kota, atau bisa juga dengan menggunakan pola tanggung renteng yangg ditopang anggaran pusat, prov dan kabuapaten. Sehingga bisa dilakukan. Namun, dirinya merasa hingga saat ini belum ada sinyal dari pemerintah tentang pengadaan itu. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template