Kecamatan Diingatkan Waspadai Bencana - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kecamatan Diingatkan Waspadai Bencana

Kecamatan Diingatkan Waspadai Bencana

Written By Admin Raka on Jumat, 23 Maret 2018 | 19.25.00

KARAWANG, RAKA - Pemerintah Karawang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang mengingatkan pemerintah kecamatan untuk meminimalkan terjadinya bencana di wilayah masing-masing.
"Kita sudah menghimbau seluruh camat sekabupaten Karawang untuk melaporkan potensi-potensi bencana di wilayahnya masing-masing," ujar Kepala BPBD Banuara Nadeak kepada Radar Karawang, baru-baru ini. Berdasarkan data saat ini sudah banyak infrastruktur yang mengalami kerusakan akibat bencana banjir. Seperti jalan, jembatan dan sekolahan.
Bahkan, jelas Banuara jika mengacu terhadap laporan yang diterimanya kerusakan yang terjadi hampir merata dari kerusakan ringan, sedang hingga berat. "Kita terus lakukan pembinaan terhadap satgas diseluruh wilayah, agar dapat semaksimal mungkin melaksanakan tugas pemantauan. Sehingga persoalan-persoalan seperti masalah budaya dan ekonomi tidak kembali jadi persoalan krusial.
Dikatakan Banuara juga, saat ini BPBD Karawang akan mulai Coba alat yang bisa mendeteksi perkembangan alam, dimana alat tersebut dapat mendeteksi terjadinya peningkatan air yang masuk ke wilayah Karawang di sungai-sungai besar. "Kita akan coba mengadakan alat yang bisa mendeteksi gejala alam di tahun ini. Alat itu bisa dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan banjir akibat naiknya debit air," ucap Banuara seraya menyebutkan nama Sungai Cibeet dan Citarum, yang selama pemasok banjir paling potensial di Karawang.
Saat ini BPBD juga fokus menganalisa terjadinya bencana di beberapa tempat di Kabupaten karawang. "Kita sudah mulai aktif membuat analisa rekontruksi rehabilitasi paska bencana," jelas Banuara. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template