Kebersihan RSUD Perlu Ditingkatkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kebersihan RSUD Perlu Ditingkatkan

Kebersihan RSUD Perlu Ditingkatkan

Written By Admin Raka on Minggu, 11 Maret 2018 | 14.00.00

TELUKJAMBE, RAKA - Kesadaran para pedagang di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang untuk menjaga kebersihan lingkungannya masih minim. Padahal mereka sudah diberi himbauan agar ikut menciptakan lingkungan yang sehat di sekitar RSUD.
"Mestinya mereka bisa sama-sama menjaga kebersihan agar lingkungan rumah sakit lebih nyaman dan sehat," ucap petugas Kebersihan RSUD Karawang Nengsih, ketika disinggung perihal kebersihan di lingkungan rumah sakit itu, belum lama ini.
Saat ini, puluhan jumlahnya pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar RSUD Karawang. Baik yang berada di bagian depan maupun belakang rumah sakit. Sayangnya, keberadaan para pedagang inipun ikut berkontribusi menyumbang sampah. Padahal lingkungan rumah sakit mestinya steril dari persoalan sampah karena peka terhadap proses penyebuhan pasien.
Tetapi entah kenapa para pedagang khususnya yang berada di luar lingkungan RSUD enggan memiliki tempat pembuang sampah sendiri yang pada akhirnya bisa membuat pengambilan sampah lebih mudah dibersihkan. Sementara karakterisitik budaya pembeli ingin melakukan proses yang sangat instan dan mudah. Alih-alih keberadaan tempat sampah tidak tersedia mereka halal membuang sampah di sembarangan tempat.
Seperti yang terjadi di lingkungan halaman belakang RSUD. Hampir jarang dijumpai tempat membuang sampah seperti bak sampah ataupun tong sampah di masing-masing warung dan pedagang gerobak keliling. Hingga tidak ayal sampah pun banyak berserakan. Padahal lingkungan sehat idaman setiap orang, tetapi jika tidak diimbangi perilaku ramah lingkungan itu akan menjadi harapan sia-sia.
Pihak rumah sakit sendiri sudah berusaha menciptakan lingkungan rumah sakit yang sehat dan nyaman, termasuk melakukan kegiatan bersih-bersih dihalaman dan lingkungan kantor yang terus digiatkan secara intensif. Rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan dimana didalamnya terdapat bangunan, peralatan, manusia petugas, pasien dan pengunjung serta kegiatan pelayanan kesehatan, selain dapat menghasilkan dampak positif berupa produk pelayanan kesehatan yang baik terhadap pasien dan memberikan keuntungan retribusi bagi pemerintah dan lembaga pelayanan itu sendiri.
Rumah sakit juga dapat menimbulkan dampak negatif berupa pengaruh buruk kepada manusia, seperti sampah dan limbah rumah sakit yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan, sumber penularan penyakit dan menghabat proses penyembuhan serta pemulihan penderita. Sehingga RSUD Karawang pun mengambil sikap tegas dalam menjaga kebersihan di lingkungan rumah sakit. (ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template