Kebel Listrik Hampir Sentuh Air, Tiang Listrik Penyangga Kabel Miring - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kebel Listrik Hampir Sentuh Air, Tiang Listrik Penyangga Kabel Miring

Kebel Listrik Hampir Sentuh Air, Tiang Listrik Penyangga Kabel Miring

Written By Admin Raka on Kamis, 22 Maret 2018 | 15.15.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Warga Kampung Jenebin, Dusun Bobojong, Desa Purwadana, mencemaskan kabel listrik yang menjuntai hampir menyentuh permukaan saluran air di wilayahnya. Keadaan ini sudah berlangsung setahun namun hingga kemarin belum ada tanda-tanda ada petugas PLN yang membenahi kabel listrik tersebut. 
Pantauan Radar Karawang, Rabu (21/3) kabel sepanjang 30 meter di pinggir jalan Kampung Jenebin menjuntai kebawah persis di atas saluran akibat kendur. Sementara tiang penyanggah kabel juga terlihat miring. Kondisi ini semakin diperparah dengan pondasi tiang yang berada persis di tanah labil atas saluran air.
Saat ini jarak kabel dengan permukaan saluran air tersebut hanya berkisar dua meteran. Karenanya, warga disana khawatir jika hujan terus mengguyur permukaan air akan tinggi, sehingga jika posisi kabel terus merendah dipastikan kabel itu akan terendam ke saluran air. Seperti diutarakan Ricki (33) tokoh pemuda Kampung Jenebin, sekarang ini warga was-was karena kondisi kabel listrik di pinggir Jalan Jenebin hampir menyentuh permukaan saluran air. Hanya saja, yang Ricki herankan, padahal kondisi tersebut sudah berlangsung hampir satu tahun tetapi tidak juga mendapat perhatian PLN. "Kami cukup khawatir, meski kabel dibungkus tetap alirannya kan tersambung ke rumah warga," tandas Ricki.
Dikatakan Ricki, sebelumnya pernah juga ada kabel menjuntai sampai ke tanah. Karena takut bisa mencelakakan makanya warga sekitar berinisiatif membenahi kabel dengan cara diganjal menggunakan bambu. "Kalau yang di pinggir jalan ini persis diatas saluran air, makanya kami tidak berani memperbaikinya," tandasnya. 
Hal senada diutarakan Siti Habsoh (29) pedagang keliling menyampaikan jika warga awam akan khawatir sekali menyaksikan kebel listrik menyentuh saluran air. Untuk saat ini, jalan tersebut bahkan di lalui oleh anak-anak sekolah yang aktif gunakan jalan tersebut. Menurut fia, pihak PLN bisa melakukan pemeriksaan secara intensif agar kabel milik PLN di wilayah itu aman.
"Kadang kita juga tidak tahu apakah kabel Telkom atau Kabel PLN yang menjuntai itu. Tetapi kalau kabel PLN kan tidak sebesar itu. Tetapi yang jelas saya ngeri ada listriknya. Soalnya, saya pernah lihat ada yang bawa motor, di tetangga dusun, karena kabel menjuntai, akhirnya pengemudinya terjerat kabel, sehingga terjatuh. Beruntung dia tidak mengalami luka serius, dan akhirnya kabel diperbaiki," ucapnya.
Di tempat terpisah, Saat dikonfirmasi terkait hal tersebut, linmas Desa Purwadana Sholehudin (56) mengaku akan menemui kepala desa untuk membahas perihal kabel menjuntasi itu. "Mudah-mudahan setelah berkoordinasi dengan pak kades, ada penyelesaiannya agar warga tidak was-was," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template