Karawang Perlu Lumbung Padi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Karawang Perlu Lumbung Padi

Karawang Perlu Lumbung Padi

Written By Angga Praditya on Kamis, 29 Maret 2018 | 18.30.00

Agar Gabah tak Dijual ke Luar Daerah

KARAWANG, RAKA- Pertanian di Kabupaten Karawang perlu perhatian lebih, karena harga padi saat ini sudah terlampau jauh lebih murah. Yang pada awalnya Rp7000/kg, saat ini turun hingga Rp4300-5000/kg. Tentunya hal tersebut tidak seimbang dengan permodalan yang di keluarkan oleh para petani. Kondisi ini akibat banyaknya padi yang di jual ke luar Kabupaten Karawang. Beda ceritanya jika di Karawang mempunyai lumbung, atau tempat pengolahan padi sendiri. Harga jual padi tidak akan turun sejauh seperti sekarang ini.
Salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang, Indriyani mengatakan, dirinya mengimbau agar penjualan gabah tidak di jual ke luar daerah, namun lebih di fokuskan untuk bisa di jual di sekitar Karawang. "Kalau bisa gabah itu di jualnya jangan keluar Karawang, lebih bagus diproduksi sendiri di daerah," ucapnya.
Adapun dengan banyaknya tengkulak dari luar yang biasa membeli gabah di daerah Karawang karena kebiasaan petaninya sendiri. Hal tersebut harus segera diatasi dengan cara membuat tempat pengolahan gabah yang bisa dimanfaatkan oleh petani. Selain petani akan lebih dipermudah, petani pun tidak akan merasa di persulit dan kesusahn untuk menjual hasil panennya.
Salah seorang petani asal Rawamerta, Wardi (43), dirinya mengaku kecewa dengan turunnya harga gabah yang sangat jauh. Selain murah, gabahnya juga di nilai sulit untuk di jual. Apalagi jika kualitasnya memang sedang menurun. Lebih lanjutnya, ia berharap kepada pemerintah, agar petani bisa lebih mudah untuk menjual padinya, karena selama ini juga sering merasa kesusahan untuk menjual padinya. "Lebih bagus kalau pemerintah bisa membuat pengolahan padi hasil panen para petani, jadi kita jualnya tidak susah. Dan pemerintah pun bisa mengontrol langsung," tutupnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template