Kampung KB Dibiayai Rp 22 Juta - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kampung KB Dibiayai Rp 22 Juta

Kampung KB Dibiayai Rp 22 Juta

Written By Admin Raka on Kamis, 08 Maret 2018 | 19.11.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Setelah sukses mengantarkan Desa Sukakerta dan Muara sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) pada 2017 lalu, Koorwil KB Kecamatan Cilamaya Wetan kembali membidik tiga desa tahun ini untuk mendapat program serupa. Program Dengan biaya Rp 22 Juta per kampung KB itu menyasar Desa Rawagempol Wetan, Rawagempol Kulon dan Desa Cilamaya.
Ketua Koorwil KB Kecamatan Cilamaya Wetan, Yaya Suganda, mengatakan tahun ini ada tiga desa yang disetujui untuk menjadi desa dengan program Kampung KB di Cilamaya Wetan. Ini sejalan dengan SK Bupati terkait program bantuan kampung KB, sebab kampung di desa-desa itu akan diporsikan Rp 22 juta hibah yang akan diserap untuk program KB, pengembangan hingga operasionalnya.
Dari dua desa yang sudah menjalankannya ditahun 2017 kemarin, diakui Yaya, hanya Sukakerta saja yang sudah berjalan optimal, dan menyayangkan program ini tidak maksimal di Desa Muarabaru. Untuk itu sebut Yaya, tahun ini 3 Desa diharapkan bisa siap-siap sukses dan maksimalkan kampung KB yang di dalamnya ada bina keluarga balita, bina lansia, dan bina remaja, termasuk dengan tokoh agama dan pendidikan yang semuanya harus saling dukung. "Kemarin dua desa, sekarang kita plot tiga Desa untuk program kampung KB ini, semoga bisa lebih optimal berjalan," katanya.
Yaya menghaturkan terima kasih kepada 12 desa di Cilamaya Wetan yang sudah mengirimkan akseptor masing-masing dua orang per desa. Itu juga akan terus berjalan tahun ini, meskipun desanya tidak masuk dalam program kampung KB. Tinggal menunggu giliran saja tahun-tahun berikutnya di desa lain dijatah prpgram kampung KB ini dengan optimal.
Khusus kampung KB ini, lanjut Yaya, kriterianya harus memilih satu dusun yang memang dibawah persentase kecamatan, baik taraf pendidikannya, maupun keluarga kurang mampu untuk kemudian ditingkatkan taraf hidupnya. "Saat ini semua desa yang sudah acc menjadi wakil kampung KB tahun ini, akan segera dikumpulkan pada 15 Maret mendatang di Kecamatan Jatisari untuk tindaklanjutnya," terang Yaya.
Kades Rawagempol Wetan H Udin Abdul Gani mengaku siapkan lokasi Kampung KB ini di Dusun Rawabebek. Segala sesuatu yang dipersiapkannya, diminta untuk terus diarahkan maksimal, sehingga kampung KB ini bisa berjalan lancar di desanya, sesuai dengan target dan kriteria yang diharapkan. "Kita siap-siap saja, tinggal pembinaan dan pendampingannya saja," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template