Kades Diminta Data Penghuni Kontrakan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Diminta Data Penghuni Kontrakan

Kades Diminta Data Penghuni Kontrakan

Written By Admin Raka on Jumat, 02 Maret 2018 | 14.45.00

Persempit Ruang Gerak Pelaku Kejahatan

CIKAMPEK, RAKA - Untuk meminimalisir ruang gerak para pelaku kejahatan. Penghuni rumah kontrakan dan kos-kosan yang ada di Cikampek akan dilakukan pendataan.
Kepala Desa Cikampek Timur Sukaeji menyampaikan, untuk melakukan peningkatan keamanan, di wilayahnya sudah dilakukan  dengan mengaktifkan siskamling serta melakukan pendataan warga pendatang dan penghuni kontrakan  yang ada Desa Cikampek Timur. "Kadang suka ada laporan dari RT, kendalanya dari pemilik kontrakan, alasannya macam-macam. Kadang pas proses pendataan selalu bilang ini privasi warga yang ngontrak untuk tidak bisa diberikan begitu saja, jadi nanti ya berharap dilampirkan saja, dasar hukumnya setidaknya dari pihak Polsek ada surat tugas gitu biar jadi dasar hukumnya," ucapnya.
Sementara itu, Kapolsek Cikampek Kompol Sukirno menyampaikan,  untuk pendataan yang dilakukan aparatur desa terhadap para penghuni kontrakan, akan disertai dengan surat administrasi tugas sebagai landasan hukumnya. Maka itu, kedepannya, akan dibuatkan surat agar segera dilakukan pendataan warga pendatang dan kontrakan di setiap desa. "Kami minta untuk seluruh desa yang ada di Kecamatan Cikampek segera melakukan pendataan warga penghuni kontrakan. Pendataan tersebut dilakukan dalam upaya meminimalisir tindak kejahatan yang dijadikan lokasi persembunyian para pelaku kejahatan," katanya.
Ia melanjutkan, pendataan warga  pendatang  serta  penghuni kontrakan atau kosan tersebut,  tidak  hanya menjadi solusi dalam  mempersempit ruang gerak para pelaku kriminalitas yang saat ini masih tinggi diwilayahnya. Akan tetapi, hal ini sangat membantu untuk proses pencegahan. "Biar pihak desa serta aparat setempat tahu, warga kontrakan dan warga pendatang, jadi harus lebih diperketat keamanannya,"  ujarnya.
Menurutnya, pendataan ini menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap pemerintahan desa. Karena keamanan lingkungan tidak akan bisa tercipta jika tanpa adanya peran serta masyarakat. "Saya berharap, aparatur desa serta RT yang ada di lingkungan masing-masing, untuk melakukan pendataan warga kosan, biar keamanan di wilayah ini bisa ditingkatkan,"  tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template