Kader JKN-KIS Dukung Universal Health Coverage - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kader JKN-KIS Dukung Universal Health Coverage

Kader JKN-KIS Dukung Universal Health Coverage

Written By Angga Praditya on Minggu, 25 Maret 2018 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Tanggal 1 Januari 2019 mendatang menjadi tolak ukur kinerja BPJS Kesehatan dalam upayanya mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan Semesta. Hal tersebut merupakan tantangan BPJS Kesehatan untuk memastikan semua orang mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.
Sejak April 2017 BPJS Kesehatan membuat inovasi dengan membuka Program Kader Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat JKN-KIS. Kartu ini diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan jumlah kepesertaan dan kolektabilitas iuran BPJS Kesehatan pada segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Sekmen ini merupakan
peserta yang tidak mendapatkan penghasilan tetap, karena itu beberapa dari mereka masih enggan untuk terdaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).
Salah satu kesulitan yang mereka hadapi adalah dalam proses pendaftaran yang jauh dari tempat mereka bermukim. Maka dengan adanya Program Kader JKN-KIS di beberapa desa dimana memiliki jumlah penduduk besar namun belum terdaftar dan banyak menunggak, akan memudahkan mereka untuk mendaftar dan membayar iuran. “Saya melakukan kunjungan setiap harinya kerumah warga, sosialisasi di Bidan Jejaring dan Puskesmas," ujar kader kesehatan Rita Rosita.
Awalnya memang sulit tetapi lama-lama akan membuat mereka percaya dan mau mengikuti pembinaan. "Setelah berjalan satu tahun malah mereka yang datang sendiri ke pos kader saya dan saya siap mendukung BPJS Kesehatan untuk mewujudkan Universal Health Coverage,” ujar kader yang bertugas di Desa Cibogo Hilir dan Desa Palinggihan Kecamatan Plered, Purwakarta ini.
Kader JKN-KIS, merupakan wujud partisipasi masyarakat dalam mensukseskan Program JKN-KIS yang diharapkan dapat mengoptimalkan sosialisasi, edukasi, serta sebagai pengingat dan pengumpul iuran. Secara berkala, peserta dan calon peserta JKN-KIS akan diberi edukasi melalui kunjungan-kunjungan agar tertib dalam melaksanakan kewajiban membayar iuran serta memahami pentingnya memiliki jaminan kesehatan. Kader JKN-KIS juga berprofesi sebagai agen PPOB, sehingga apabila peserta ingin melakukan pembayaran iuran bulanan dapat langsung melalui Kader JKN-KIS tersebut. (ari/vf)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template