Jembatan Bambu Hubungkan Karawang-Subang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jembatan Bambu Hubungkan Karawang-Subang

Jembatan Bambu Hubungkan Karawang-Subang

Written By Admin Raka on Kamis, 08 Maret 2018 | 19.06.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Jika masyarakat Desa Mekarmaya Kecamatan Cilamaya Wetan hendak memasuki perkampungan di Dusun Pangkalan perbatasan Kabupaten Karawang dengan Kabupaten Subang, sudah tidak asing dengan Gang Opet yang terusannya melintasi jembatan bambu Hegarmanah di RT 12/05.
Jembatan di atas Sungai Cilamaya hasil swadaya masyarakat dengan membentangkan tali besi dan meterial anyaman bambu, kondisinya semakin kritis setelah air Sungai Cilamaya meluap. Meski demikian, akses yang menghubungkan Kedungasem-Pangkalan itu, masih dipergunakan untuk jalan kaki dan kendaraan roda dua.
Udin (40), warga sekitaran jembatan Hegarmanah mengatakan, sepengetahuannya, akses jembatan di perbatasan Subang-Karawang itu dibangun swadaya selama 10 tahun terakhir. Bahkan, untuk sebatas perbaikan, masyarakat gotong royong ngencleng menyediakan bambu setiap 3 bulan sekali hingga habis ratusan ribu. Sebab, akses jembatan dari material bambu ini hanya mampu bertahan mulus 3 bulan saja. Sehingga harus ada pergantian bambu rutin demi keselamatan jiwa. Walau terlihat membahayakan, namun jembatan Hegarmanah ini sudah biasa digunakan warga. "Sangat minim kecelakaan maupun jatuh di jembatan sepanjang 35 meteran itu," katanya kepada Radar Karawang, Rabu (7/3) kemarin.
Lebih jauh dia menambahkan, kalau tidak ada jembatan ini, masyarakat harus menempuh jalan lebih dari 1 kilometer. Karena harus melalui jalur lain. Untuk itu, dia berharap jembatan yang menghubungkan 2 dusun di perbatasan Subang ini bisa ada pembangunan permanen, agar dusun yang dihuni puluhan kepala keluarga ini bisa hidup tenang. "Inginnya sih bikin sama pemerintah bangun lagi permanen. Kalau enggak, ya kami tiga bulan sekali terus-terusan memperbaharui bambu," katanya.
Kades Mekarmaya Herman Syuhada mengatakan, jembatan itu kondisinya mengkhawatirkan, tapi pihaknya sedang berupaya memperbaiki jembatan dan sudah ada sinyal positif dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang akan membiayai jembatan baru Hegarmanah dengan nominal yang belum diketahuinya. "Sudah kita dorong dan ajukan, tapi katanya provinsi yang akan biayai. Mudah-mudahan ada jalannya," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template