Ikut Kampanye Anggota DPRD Harus Cuti - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ikut Kampanye Anggota DPRD Harus Cuti

Ikut Kampanye Anggota DPRD Harus Cuti

Written By Admin Raka on Minggu, 11 Maret 2018 | 12.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Purwakarta mengingatkan anggota DPRD Purwakarta yang akan mengikuti atau terlibat dalam kampanye pasangan calon kepala daerah, agar segera mengambil cuti dari tugasnya.
"PKPU nomor 4/2017 mengisyaratkan, anggota DPRD yang mau ikut berkampanye harus cuti. Surat izin cuti diberikan oleh pimpinan DPRD," ujar Ketua Panwaskab Purwakarta Oyang Este, Jumat (9/3).
Menurut Oyang, surat izin cuti harus diberikan ke KPU dan panwaslu, maksimal di hari ketiga sebelum kampanye. "Jika tidak cuti, berarti mangkir kerja. Itu pelanggaran kode etik dan bisa diproses BK (Badan Kehormatan) atas rekomendasi dari panwas. Apalagi jika dalam praktiknya menggunakan fasilitas negara, sanksinya bisa jadi pidana," tuturnya.
Hal lain yang tidak diperbolehkan dilakukan oleh anggota atau pimpinan DPRD, adalah mengeluarkan kebijakan yang bisa dikategorikan menguntungkan dan atau merugikan salah satu pasangan calon.
Sebelumnya diberitakan, untuk mengawasi berjalannya pesta demokrasi, Panwaslu Kabupaten Purwakarta menggandeng sebanyak-banyaknya relawan pengawas pemilu, kemudian relawan tersebut dinamai Sahabat Bawaslu. Proses rekrutmen Sahabat Bawaslu ditempuh melalui prosesi kegiatan bertajuk Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif.
"Tak berlebihan dinamai begitu, sebab Sahabat Bawaslu ini diproyeksi menjadi tambahan mata panwas untuk melakukan pengawasan pemilu. Selain dibekali materi kepemiluan, peserta juga didaulat siap melaporkan jika di lapangan ditemukan dugaan pelanggaran pemilu," ujarnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template