Hasil USBN Diperiksa Silang Antar SMA - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hasil USBN Diperiksa Silang Antar SMA

Hasil USBN Diperiksa Silang Antar SMA

Written By Admin Raka on Rabu, 21 Maret 2018 | 15.30.00

KARAWANG TIMUR, RAKA - Dua hari terakhir ini, baik SMA maupun SMK menggelar Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBM). Berbeda dari tahun sebelumnya yang menggunakan jasa pengawasan silang, USBN yang dilaksanakan 19 - 27 Maret ini menggunakan jasa pengawasan guru internal. Namun hasil lembaran soal siswanya akan diperiksa melalui pemeriksaan silang antar SMA.
Kepala SMAN 2 Karawang Suandi S.Pd, M.Pd mengatakan USBN dengan KTSP akan digelar selama 7 hari, sementara sekolah dengan basis Kurtilas dilaksanakan sampai 8 hari yaitu berakhir ditanggal 27 Maret mendatang. Oleh karena tidak ada alokasi biaya pengawasan dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat, USBN tahun ini tidak dilaksanakan dengan Pengawasan silang antar guru SMA sekitar, tapi untuk hasil lembaran soal, akan diperiksa melalui pemeriksaan silang antar sekolah.
Batas waktunya 28 Maret mendatang hasil jawaban USBN sudah dilaporkan ke Provinsi untuk kemudian diinput ke dalam Raport siswa. Pemeriksaan silang ini sebut Suandi, berdasarkan hasil kesepakatan forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). Lagi pula dana BPMU Rp 700 ribu per bulan dari Provinsi sudah tidak ada lagi tahun ini, sehingga sedikit mengganggu perjalanan program sekolah sampai menjelang UNBK nanti. "Tidak ada pengawasan silang di USBN ini, yang ada pemeriksaan silang saja," katanya.
Sekretaris MKKS SMA di Karawang ini menambahkan, hasil USBN memang tidak berpengaruh besar terhadap proses saringan masuk Perguruan Tinggi seperti SMPTN dan SMBPTN, karena rata-rata seleksi, bukan mengandalkan nilai, melainkan jalurnya. Seperti jalur seleksi prestasi, beasiswa dan lainnya, kecuali sebut Suandi, saat masuk Polisi dan TNI atau profesi tertentu saja. Meskipun demikian, para siswa dimintanya serius meraih setinggi-tingginya nilai USBN, karena ini berkontribusi pada kelulusan UNBK nanti. "Keluluasan diserahkan ke sekolah, jadi USBN ini juga menentukan kelulusan siswa nantinya," ucapnya.
Suandi menambahkan, peserta USBN dan UNBK di SMA 2 Karawang ada 375 siswa, dalam dua hari terakhir, ia apresiasi kehadiran siswa penuh memgikutinya, karena konsekuensi jika siswa tidak hadir dalam USBN dengan alasan jelas, harus menyusul ujian susulan. Bahkan jika sampai nilai tidak terinput, bisa mempengaruhi kelulusan. Jadi dirinya menghimbau para siswa agar aktif terus sampai menuntaskan pelaksanaan USBN yang soalnya dibuat pusat 25 Persen provinsi dan MPGP Provinsi 75 persen. "Konsekuensi jika tidak hadir di USBN ini ya siswa harus menyusul, jangan sampai ada nilai tertinggal," tandasnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template