DPRD Soroti Perubahan Puskesmas Menjadi BLUD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » DPRD Soroti Perubahan Puskesmas Menjadi BLUD

DPRD Soroti Perubahan Puskesmas Menjadi BLUD

Written By Angga Praditya on Jumat, 30 Maret 2018 | 13.30.00

KARAWANG, RAKA- Perubahan UPTD Puskesmas menjadi Pola Pelayanan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD) menimbulkan ke khawatiran tersendiri bagi wakil rakyat Kabupaten Karawang, khususnya terkait kesiapan dari masing-masing puskesmas yang ada di Karawang. Hal tersebut disampaikan anggota DPRD Karawang, Komisi D dari fraksi Golkar, Asep Saepudin.
"Tentunya ada 3 faktor penting yang harus diperhatikan, mulai dari kesiapan perawat maupun tim ahli, ketersediaan alat, dan sarana pendukungnya juga harus dilengkapi," ujarnya, saat berhasil di temui Radar Karawang.
Dengan tujuan agar puskesmas lebih baik dalam melayani kesehatan masyarakat, kata pria yang biasa di sapa Asep Ibe itu, terlebih agar pihak puskesmas juga secara mandiri bisa melakukan pengelolaan uang dan administrasi. Namun hal tersebut menurutnya tidak berbanding lurus dengan kesiapan seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Karawang. "Kita pertimbangkan kesiapan puskesmasnya, dari sumber daya manusianya (SDM), sarana dan prasana yang tersedia di puskesmas tersebut," katanya.
Di lanjutkannya, dengan keterbatasan SDM yang dinilai kurang mumpuni, sarana dan prasarana yang lengkap, serta kelengkapan alat medis yang ada di setiap puskesmas juga menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan agar pelayanan menjadi lebih baik. Sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa maksimal. "Perlu juga melihat kesiapan masyarakat, apalagi masyarakat Kabupaten Karawang ini belum seluruhnya memilik BPJS. Baik BPJS Kesehatan ataupun BPJS Mandiri, ini akan menghambat pelayanan kepada masyarakat miskin Kabupaten Karawang," tutup Ibe.
Ditempat berbeda, salah seorang mantan karyawan Puskesmas yang namanya enggan disebutkan memgatakan, perubahan puskesmas menjadi BLUD di nilai kurang efektif. Menurutnya, hal tersebut dapat mempengaruhi operasional puskesmas yang berskala kecil. "Sebelum diubah menjadi BLUD, alangkah lebih baiknya diperbaiki terlebih dahulu sarana dan prasananya. Apalagi masyarakat nantinya di haruskan untik membayar," ucapnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template