Desa Ingin Ambil Alih Kewenangan PUPR - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desa Ingin Ambil Alih Kewenangan PUPR

Desa Ingin Ambil Alih Kewenangan PUPR

Written By Admin Raka on Kamis, 08 Maret 2018 | 19.09.00

Dalam Pembangunan Jalan Poros Desa

KARAWANG, RAKA-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, diminta memberikan kewenangan kepada pemerintah desa, untuk membangun jalan poros desa. Jika dibangun oleh desa, diklaim bakal lebih baik hasil pembangunannya.
Dewan penasehat Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Karawang, Endang Heryana, meminta kepada Pemkab Karawang, agar jalan poros desa bisa dilakukan oleh pemerintah desa dari pada harus dikontraktualkan kepada pihak PUPR. Dengan uang Rp 200 juta pihak PUPR bisa membangun jalan sekitar 100 meter, namun pihak desa bisa lebih dari itu, bahkan bisa mencapai 150 meter. Karena pihak desa tidak dikontraktual kan, dan tidak ada dana yang harus bagi lagi perssntasenya dengan pihak pemborong.
"145 desa kali 200 juta, sekitar 29 miliar. Kalau dibangunkan oleh desa bisa mencapai 150 meter. Karena sebodoh-bodohnya kades, gak mau pembangunannya jelek, apalagi yang mau nyalon lagi, pasti apik," ucap Endang, Rabu (7/3) kemarin.
Meskipun pemerintah pusat memberikan ke bebasan dalam hal pembangunan, lanjut Endang, namun pada kenyataannya regulasinya tetap diatur oleh pemerintah kabupaten. Apalagi saat ini dengan aturan 3 tahap, dari mulai pengajuan proposal hingga SPJ. "Apa mungkin tidak tersendat waktu?
Ditambah dengan adanya pokir dewan. Saat ini pokir dewan dinilai tidak semaksimal pembangunan desa yang mementingkan masyarakatnya, karena ketika desa tersebut tidak mempunyai dewan dan aksesnya, maka akan di sangat sulit untuk bisa melaksanakan pembangunan," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template