Calon Bupati Abaikan Data Pemilih - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Calon Bupati Abaikan Data Pemilih

Calon Bupati Abaikan Data Pemilih

Written By Admin Raka on Sabtu, 03 Maret 2018 | 13.00.00

Tidak Perhatikan Proses Coklit  

PURWAKARTA,RAKA- Panitia pengawas Pemilu Purwakarta, menilai, tiga pasangan calon (paslon) peserta Pilkada Purwakarta 2018, cenderung mengabaikan proses pencocokan dan penelitian (coklit) Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). Padahal, akurasi data pemilih sangat penting dalam menjamin pelaksaan pilkada Purwakarta 2018, agar berjalan secara maksimal.
"Ketiga paslon sepertinya lebih fokus sosialisasi dan kampanye dibanding memperhatikan data pemilih. Meskipun mereka (paslon) sebagai peserta pilkada, tapi alangkah bagusnya kalau ikut mengawal proses coklit. Selama ini tidak tampak dari paslon melakukan hal tersebut. Padahal suara pemilih lah yang akan menentukan kemenangan satu di antara ketiga paslon itu," ujar ketua Panwaskab Purwakarta Oyang S.T, Jumat (2/3).
Menurutnya, panwaslu memiliki penilaian tersendiri terhadap proses coklit yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang sudah selesai per 18 Februari 2018 lalu. Beberapa persoalan kerap muncul pada saat pemutakhiran data itu, salah satunya terkait aplikasi input data acapkali error. "Hal tersebut menghambat proses rekapitulasi data di tingkat PPS. Seperti yang terjadi di Kelurahan Ciseureuh, Kecamatan Purwakarta," ucapnya.
Dalam hal pendataan, dia menambahkan, terdapat beberapa poin yang menjadi dasar pengawasan, antara lain mencermati isi DP4, kinerja PPDP, dan ketepatan waktu. Dia juga menyadari keterbatasan personel panwaslu sulit harus mengawasi PPDP. Karena satu pengawas pemilu lapangan (PPL) berbanding 47 PPDP yang harus diawasi. "Akan tetapi, untuk menyiasati hal itu, kami telah membuat formulasi audit coklit dengan pola sampling. Yakni dengan mengambil sampling 10 data pemilih di setiap TPS yang kemudian disinkronisasi di akhir, atau pada saat rekapitulasi DP4," kata pria yang biasa disapa Binos ini. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template