Buntut Truk di Interchange Berbahaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Buntut Truk di Interchange Berbahaya

Buntut Truk di Interchange Berbahaya

Written By Admin Raka on Jumat, 09 Maret 2018 | 14.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Bukan cuma memicu kemacetan, tetapi posisi parkir truk di Jalan Interchange Karawang Barat, perlintasan Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, yang bagian belakangnya menjorok ke bahu jalan dinilai membahayakan. Bisa saja bagian truk itu tertabrak pengendara motor atau mobil yang berusaha menghindari jalan rusak dan bergelombang di sepanjang ruas tersebut.
Seperti diungkapkan Hakim (30) Warga Perumnas Karaba, Telukjambe Timur. Bagian belakang truk boks yang sering parkir di pinggir jalan tidak jauh dari perumahaan Karaba itu, sering membuat kagok pengendara motor. Itu karena hampir merata bagian bahu Jalan Interchange Karawang Barat posisinya bergelombang. "Sering kali pengendara motor mengendarai motornya mepet kepinggir. Sehingga, kalau tidak hati-hati pengendaranya bisa saja menabrak buntut truk yang diparkir dipinggir jalan," tandas Hakim. 
Kondisi paling rawan, lanjut Hakim, terutama menjelang malam. Tidak sedikit pengendara motor terkecoh dan terkejut ada truk parkir di badan jalan. Untungnya, tambah Hakim hingga saat ini belum ada informasi ada korban akibat kondisi lalulintas tersebut. "Memang, belum ada laporan adanya korban yang menabrak buntut truk boks, tetapi kalau tidak segera ditertibkan bukan tidak mungkin akan ada korban," tandas Hakim. Karenanya Hakim berharap baik Dinas Perhubungan maupun pihak kepolisian bisa mengambil tindakan tegas membersihkan sekitar lokasi dari aksi parkir truk-truk boks tersebut.
Warga sekitar Perum Karaba Herman (37) menerangkan jika mobil boks tersebut memang selalu parkir di tempat itu. Menurut dia, kendaraan tersebut parkir karena ketersediaan lahan parkir yang cukup sempit. "Aparat kepolisian sudah melakukan teguran tapi masih saja parkir di tempat itu. Parahnya kendaraannya tidak tertata sehingga mengganggu lalulintas kendaraan yang melintas di jalan raya," tegasnya.
Keberadaan truk dan bus-bus besar di pinggir jalan perlintasan Desa Wadas itu sebetulnya sudah dikeluhkan. Kendaraan-kendaraan itu parkirnya bukan cuma posisinya di pinggir jalan bahkan hingga memakan bahu jalan. "Hampir setiap hari ada saja bus dan truk yang parkir disitu. Kayaknya tempat itu sudah seperti lokasi mangkal mereka memarkir kendaraannya sambil beristirahat," ungkap Mursih (30) Warga Dusun Wadas Pintu Air, Desa Wadas.
Mursih menambahkan, kondisi terparah kalau kendaraan-kendaraan besar itu parkir bersamaan, bisa mencapai puluhan meter dan semuanya berada di bahu jalan. Padahal badan Jalan Interchange Karawang Barat tidak begitu lebar dan itupun dibagi dua jalur. Sehingga akibat parkir liar tersebut badan jalan jadi menyempit hingga kerap terjadi kemacetan. "Kalau lagi parah bisa 10 kendaraan sekaligus parkir di bahu jalan. Panjangnya bisa puluhan meter," ucap Mursih. Karena itu, Mursih berharap, Dinas Perhubungan bisa menindak truk-truk yang sering memarkirkan kendaraannya di bahu jalan utama Karawang itu, karena intensitas kendaraan di tempat tersebutpun sanat padat terlebih di malam hari.
Sementara itu, Koordinator Satpol PP Kecamatan Telukjambe Timur Asep Kusnaya. SH, terkait banyaknya truk yang parkir dipinggir jalan Interchange Karawang Barat menandaskan, dalam waktu dekat ini dirinya akan berkoordinasi dengan Markas Komando Satpol PP di Jalan Ahmad Yani untuk dilakukan penertiban. Dia menilai keberadan truk dan bus besar di pinggir jalan itu membahayakan pengendara yang melintas di ruas jalan tersebut. "Kami akan layangkan surat ke dinas terkait agar segera melakukan penindakan supaya tidak membahayakan pengguna jalan lain kondisi posisi kendaraan-kendaraan besar itu terkadang menjorok hingga bahu jalan," tandasnya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template