Bukan Prioritas Perbaikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bukan Prioritas Perbaikan

Bukan Prioritas Perbaikan

Written By Admin Raka on Kamis, 01 Maret 2018 | 18.00.00

Jalur Alternatif Kalimalang Rusak Parah

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Pengusaha limbah dan pemilik truk yang menjadikan sepanjang satu kilometer jalan rusak di perlintasan Dusun Krajan, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur akses penting usaha mereka, dinilai penting untuk dilibatkan bersama Dinas Pekerjaan Umum untuk memperbaiki jalan yang juga jalur alternatif Kalimalang tersebut.
"Jalan itu padahal jalur padat dan menjadi jalur utama karyawan pabrik dan warga di wilayah selatan Karawang. Saat ini kerusakan jalan mencapai hampir satu kilometer.
Kerusakan jalan sendiri sudah berlangsung selama dua tahun ini dan sampai sekarang belum ada upaya untuk memperbaiki," ucap Wasa (35) tokoh masyarakat Desa Wadas, Rabu (28/2).
Saat ini, lanjut Wasa, kondisi sepanjang satu kilometer ruas jalan di Dusun Krajan itu amat memperihatinkan. Sudah betonnya terkelupas sehingga membuat batu-batunya bertongolan, itupun masih diwarnai keroak-keroakan besar. sementara pengendara yang melintasi ruas tersebut hampir tidak bisa menemukan jalan bagus dan nyaman dilintasi.
Sementara, agar masih bisa dilalui, para pengusaha limbah dekat jalan banyak yang menambal jalan masing-masing supaya tidak membuat tempat usaha mereka terkotori lumpur jalan. Apalagi jalan tersebut padat lalulintas dan dilintasi siang maupun malam. "Hanya kalau hujan saja jalan itu nyaris tidak pernah dilintasi karena selain kotor juga keroakan jalannya lumayan dalam sehingga berbahaya dilintasi," ungkap Wasa.
Secara terpisah, Muslihat (33) pengendara motor asal Desa Wadas mengatakan setiap hari dirinya melintasi jalan itu. Kendati jalan berbatu, berlubang dan bergelombang, akan tetapi karena pekerjaan sebagai pedagang dan cuma itu satu-satunya akses jalan di wilayah mau tidak mau harus melintasi jalan itu. "Kadang ketika hujan, saya suka kepayahan. Jalan rusak berlubang dan tergenang air hujan. Mana berlumpur lagi tetapi mesti saya lintasi karena beberapa langganan berada di lintasan tersebut," akuinya.
Muslihat berharap supaya pemerintah dan stakeholder-stakeholder terkait bisa membenahi jalan tersebut. Apalagi disepanjang jalan itu kan banyak pengusahanya. Setidaknya bisa gotong royong untuk kebaikan bersama. Sebab kalau menunggu curahan uang dari pemerintah, ini meski sudah dua tahun rusaknya tetap belum mendapat perhatian. "Kami berharap agar jalan diperbaiki secepatnya agar usaha dan perekonomian masyarakat sekitar sini tidak terhambat karena jalan yang rusak," harapnya.
Kasi Pembangunan dan Perekonomian Desa Wadas Jaluyo, ditanya soal jalan rusak di Dusun Krajan, Desa Wadas itu mengatakan jika kewenangan perbaikan itu ada di tangan Provinsi Jawa Barat. Bahkan dirinya pun mengaku sudah membuat surat kepada instansi terkait guna dapatkan prioritas perbaikan jalan. "Tahun depan jalan alternatif Kalimalang ini mendapatkan prioritas perbaikan tetapi dilakukan pihak provinsi karena memang kewenangannya. Jadi bukannya kita tidak pernah mengajukan, bahkan pengajuannya sudah dua tahun lalu," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template