BOS Dicairkan Lewat Giro - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BOS Dicairkan Lewat Giro

BOS Dicairkan Lewat Giro

Written By Admin Raka on Jumat, 09 Maret 2018 | 15.15.00

TELAGASARI, RAKA - Tiga hari terakhir par kepala sekolah dasar disibukan dengan pemberkasan pembuatan Giro. Pasalnya, Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2018 dicairkan bukan lagi melalui rekening tetapi Giro. 
Koorwilcambidik Telagasari H Abdul Ajiz S.Pd mengatakan, pemberkasan peralihan rekening BOS ke dalam bentuk giro di Kecamatan Telagasari sudah rampung sejak Rabu (5/3). Dengan melampirkan syarat semisal NPWP, NPSN sertifikat sekolah, Domisili hingga SK Kepala Sekolah sudah lengkap diserahkan kepada pihak Dinas Pendidikan dan BJB. Pihaknya, sebut Ajiz, hanya memberika fasilitas saja kepada semua guru dan kelengkapannya.
Meskipun sejauh ini belum ada arahan lebih lanjut alasan peralihan media transfer dana Bos itu dari rekening ke giro. Namun, ia yakin BOS ini dicairkan baik melalui rekening maupun giro sudah jelas hitungannya berdasarkan data dan jumlah siswa. Begitupun penggunaannya sesuai Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) disetiap Kecamatan. "Bisa dibayangkan lah Bos cairnya kapan, belum jelas cairnya sekarang beralih ke Giro," katanya.
Disinggung ke absahan Kepsek priodesasi 12 Januari yang ikut dalam pemberkasan peralihan dana Bos dari rekening ke giro, mantan Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Purwasari ini menambahkan, bahwa BJB dan Dinas sama sekali tidak mempersoalkannya. Buktinya, SK Kepsek yang periodesasi sekalipun masih diterima, karena mungkin dasarnya edaran Kadisdik terkait keberlanjutan tugas sambil menunggu Permendikbud yang baru.
Walaupun sebut Ajiz, sebelumnya, tersiar kabar bahwa sistem perbankan tidak memperkenankan Kepsek yang priodesasi ini mencairkan dana Bos karena SK nya dianggap habis. Sehingga, memungkinkan bahwa BOS tetap bisa cair di sekolah dengan Kepsek yang SK Priodesasinya habis TMT 12 Januari, walaupun sebelumnya, Bos cukup di cover Kabid SD dengan Bendahara sekolah. Namun, ia yakinkan bahwa Kepsek yang priodesasi tetap melampirkan SK nya dalam peralihan berkas peralihan dalam bentuk rekening ke Giro ini.
"SK memang habis, tapi selama belum diberhentikan ya lanjut, makannya saat pemberkasan SK itu masih berlaku di Bank, mungkin ya," Ujarnya.
Lebih jauh ia menambahkan, peralihan rekening Bos ke Giro tidak akan berpengaruh banyak pada adminstrasi bos, karena pihak sekolah tetap berjibaku dengan urusan laporan dan Surat Pertanggungjawaban (SPJ), sebab peralihan ini mungkin lebih di fleksibel kan saja. Apakah manti sesuai kebutihan atau juklak lainnya, pihaknya masih menunggu arahan lebih lanjut oleh pihak Dinas, semoga saja ,peralihanYang mulai diberlakukan tahun ini, bisa lebih transparan, lancar dan tepat waktu. "Semoga adanya  peralihan bisa mempermudah dan menghilangkan pola pikir bahwa diarahkan kegiro lantaran ketidakpercayaan bank pada pengelola lembaga pendidikan," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template