Besar Peran Mahasiswa Bangkitkan Nilai-Nilai Pancasila - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Besar Peran Mahasiswa Bangkitkan Nilai-Nilai Pancasila

Besar Peran Mahasiswa Bangkitkan Nilai-Nilai Pancasila

Written By Admin Raka on Rabu, 21 Maret 2018 | 16.00.00

KARAWANG, RAKA - Pencantuman sila persatuan bagi bangsa Indonesia selain menyadari pentingnya persatuan bagi kelangsungan hidup bangsa, juga menunjukkan adanya pemahaman, bahwa perbedaan itu suatu realita yang tidak mungkin dihilangkan oleh manusia.
Hal itu diungkapkan Pemerhati Masalah Pendidikan Rijwan Munawan, baru-baru ini, melalui artikelnya. Menurut dia, perbedaan sesungguhnya adalah suatu hikmah dan keindahan yang harus disyukuri, dan bukan sesuatu yang harus diingkari apalagi diperselisihkan dan apalagi harus dihilangkan dari muka bumi pertiwi ini. "Perbedaan adalah juga kodrati yang ada di mana-mana, di negara manapun juga dan di bangsa manapun juga," ucapnya.
Indonesia yang begitu multikultural lebih rawan terhadap perpecahan. Namun dengan semangatnya Pancasila apalagi dengan dijiwai oleh para pemuda khususnya mahasiswa sebagai penerus generasi bangsa semua perbedaan itu akan tersatukan manakala mahasiswa mampu untuk menunjukkan dan menghidupkan kembali Pancasila yang katakanlah sedang tertidur lelap di pangkuan Ibu Pertiwi. Menyikapi realitaperbedaan semacam  ini, jalan keluarnya tidak dapat tidak adalah menjadikan perbedaan yang ada sebagai suatu kekayaan yang justru harus dijunjung tinggi dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi, golongan maupun daerah.
Barometer yang harus di junjung tinggi adalah kepentingan nasional, dan bukan kepentingan yang lebih kecil, lebih rendah, ataupun yang lebih sempit. Dengan kesadaran semacam ini, maka terlihat jelas bahwa persatuan bangsa sesungguhnya nilai luhur  yang seharusnya dijunjung tinggi oleh semua umat manusia. "Perpecahan atau pertikaian justru akan menghancurkan umat manusia itu sendiri khususnya kehidupan yang beraneka ragam yang ada di Ibu Pertiwi ini. Selogan Bhineka tunggal Ika memang sangat tepat untuk direnungkan kembali esensi dan kebenaran yang terkandung di dalamnya. Karena pada hakikatnya semua bangsa, semua manusia memerlukan persatuan dan kerjasama di antara umat manusia," ucapnya.
Disinilah peran mahasiswa sangat dibutuhkan. Bukan hanya sekedar menyatukan, melainkan juga mengamalkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila sendiri mengamanatkan kepada kita khususnya para generasi bangsa untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Bhineka Tunggal Ika menjadi falsafah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Walaupun bangsa Indonesia multi etnik, multi bahasa, multi agama dan lain sebagainya, tetapi bangsa Indonesia tetap satu, tanpa ada perbedaan yang harus dipermasalahkan. Bangsa kita bangsa yang Pancasilais, yang mana Pancasila itu sendiri adalah lambang dari kerja sama, lambang dari semangat gotong royong. Mengapa demikian? Karena jika kita telaah, kelima sila yang ada di dalam Pancasila melambangkan keseluruhannya adalah bukti gotong royong, bukti kerja sama, bukti persatuan, yang dalam perbedaan tapi di balut dalam satu, yakni Bhineka Tunggal Ika.
Oleh karenanya, sebagai kesimpulan dari pembahasan diatas, Mahasiswa memiliki tanggung jawab yang tak kalah pentingnya, malah lebih penting. Peran mahasiswa dalam menelaah dan menghayati juga mengamalkan nilai-nilai Pancasila menjadi kunci dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kerja sama butuh persatuan, dan persatuan butuh perdamaian. Oleh sebab itu perpecahan sebagai lawan dari persatuan mutlak perlu dihindari dan disingkirkan dari kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
(ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template