Berlakukan Kebijakan Daur Ulang Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Berlakukan Kebijakan Daur Ulang Sampah

Berlakukan Kebijakan Daur Ulang Sampah

Written By Admin Raka on Senin, 05 Maret 2018 | 17.30.00

KARAWANG, RAKA - Kebijakan pemerintah tentang daur ulang sampah perlu diterapkan. Kebijakan ini merupakan program dengan peraturan ketat dan mewajibkan masyarakat melakukan daur ulang sampah tanpa terkecuali.
Pemerhati masalah lingkungan Dian Varima SKM, MSi, mengatakan itu, belum lama ini. Menurut dia, kebijakan daur ulang sampah itu bisa menjadi solusi mengatasi persoalan sampah di semua daerah, tanpa terkecuali Karawang. "Peran pemerintah sangat besar dalam program daur ulang sampah ini, terutama memotivasi masyarakat agar melaksanakan program tersebut," ujar Dian.
Teramsuk, terang Dian upaya melibatkan pihak swasta yang berlisensi untuk melakukan pengumpulan sampah layak daur ulang ke tiap rumah masyarakat. Program daur ulang sampah ini juga merupakan langkah strategis untuk mengatasi berbagai permasalahan mengenai sampah. Salah satunya dengan mengurangi volume sampah dengan jalan insinerasi (pembakaran), daur ulang sampah, pengurangan sampah ke TPA.
Selain melakukan minimisasi sampah dengan berbasis pada hirarki pengelolaan sampah yang berkelanjutan, yaitu pencegahan, pengurangan, daur ulang, pemulihan, dan pembuangan seminimal mungkin. Seperti mewajibkan perkantoran, sekolah, pusat perbelanjaan, kawasan industri untuk menyediakan fasilitas penyimpananan sampah daur ulang.
Pemerintah juga memperkenalkan program daur ulang kepada masyarakat melalui kampanye nasional, menetapkan hari daur ulang, minggu bersih dan hijau sehingga kesadaran masyarakat mengenai daur ulang tetap dipertahankan. Jenis sampah untuk didaur ulang adalah kertas, kaleng minuman dan makanan, botol kaca, plastik dan botol plastik, kardus dan karton dan bahan tekstil. "Agar kegiatan daur ulang tetap berjalan lancar dan berkelanjutan Pemerintah juga menyediakan perusahaan daur ulang sampah," tandas Dian.
Selain itu pemerintah melakukan berbagai hal seperti membantu perusahaan daur ulang dalam mengatur operasi serta meningkatkan kemampuan industri daur ulang sehingga mereka dapat lebih banyak mendaur ulang berjenis limbah secara efisien. Begitupun dengan mengembangkan pasar untuk produk daur ulang karena seperti kita ketahui untuk membuat daur ulang yang layak harus memastikan ada pasar yang siap untuk menampung produk daur ulang serta mempromosikan penggunaan produk- produk daur ulang baik dikantor, sekolah maupun industri. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template