Beras Busuk Lolos Sortir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Beras Busuk Lolos Sortir

Beras Busuk Lolos Sortir

Written By Admin Raka on Selasa, 13 Maret 2018 | 12.00.00

Bulog: Tidak Sesuai Spek Bisa Diganti

TELAGASARI, RAKA - Sebanyak 150 kilogram beras sejahtera (rastra) yang didistribusikan ke Desa Cariumulya, Kecamatan Telagasari, Senin (12/3) pagi, berisi beras tak layak konsumsi. Beras untuk rakyat miskin yang dikemas dalam tiga karung itu berwarna kuning dan busuk.
Sekretaris Desa Cariumulya Dadang mengatakan, semula pihaknya tidak menaruh curiga dari 3.150 kilogram beras untuk Keluarga Penerima Manfaat ini ternyata di dalamnya terdapat yang berkualitas buruk. Pihaknya baru mengetahui setelah pemerintah desa menyortir ulang beras yang sudah diturunkan. Hasilnya, ternyata ada 150 kilogram beras dalam 3 karung rastra berkualitas buruk. Sementara karung-karung lainnya kualitas berasnya bagus.
Pihaknya sebut Dadang, tidak mengembalikan rastra kualitas buruk tersebut atau mengajukan penggantiannya, karena mayoritas beras lainnya kualitasnya bagus. Meski demikian sebutnya, seharusnya kualitas beras untuk masyarakat seluruhnya bagus dan layak konsumsi. "Gak dikembalikan sih, hanya tiga karung saja, selebihnya mah bagus dan sudah dibagikan. Tapi ya seharusnya tolonglah raskin itu bagus," ungkapnya.
Camat Telagasari Hj Yetti Yuliati mengatakan, kalau ada kualitas raskin yang tidak baik, segera laporkan saja ke pihak distributornya, dalam hal ini Bulog, nanti biasanya ada diganti. "Laporkan saja ke Bulog-nya kalau ada yang jelek, nanti ada penggantiannya," ungkapnya.
Kepala Bulog Sub Divre Karawang Sulais mengatakan, jika ada beras bansos rastra yang tidak sesuai dengan spesifikasi Bulog, baik kualitas maupun kuantitasnya, bisa disampaikan ke satker atau pihak Bulog. "Nanti dilakukan penggantian dengan beras yang baik," ujarnya.
Secara terpisah, anggota Komisi B DPRD Karawang Mulya Syafari mengatakan, kejadian seperti ini selalu berulang-ulang. Diakuinya juga, DPRD sudah seperti macan ompong karena teguran yang disampaikan ke instansi terkait hanya masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Menurutnya, walaupun beras berkualitas tak layak konsumsi hanya tiga karung, tapi ini menjadi contoh bahwa sortir di gudang Bulog selama ini tidak pernah beres memilih beras yang baik.
Menurutnya, persoalannya bukan bisa atau tidaknya diganti, namun soal seleksi kualitas beras di gudang yang selama ini acapkali kecolongan. Karenanya, pihaknya bisa memanggil pihak Bulog terkait distribusi rastra. "Walau tiga karung selama ini di gudang ngapain saja? Memilah beras kualitas baik tidak saja gak bisa," ungkapnya.
Sekretaris Komisi B DPRD Karawang Unang Sunandang memastikan, pihaknya akan sidak dan mengajak hearing Bulog, dia juga meminta barang bukti berasnya tidak dibuang. "Kita akan sidak dan ajak hearing, kebetulan Kepala Bulog yang barunya kita juga belum kenal," ujarnya.
Kepala Bulog Sub Divre Karawang Sulais mengatakan, jika ada beras bansos rastra yang tidak sesuai dengan spesifikasi Bulog baik kualitas maupun kuantitas, bisa disampaikan ke satker atau pihak Bulog. "Nanti dilakukan penggantian dengan beras yang baik," ujarnya.(rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template