Baru 3397 Orang Jadi Peserta KB - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Baru 3397 Orang Jadi Peserta KB

Baru 3397 Orang Jadi Peserta KB

Written By Admin Raka on Rabu, 14 Maret 2018 | 18.30.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Minat warga di Kecamatan Telukjambe Timur untuk mengikuti program Keluarga Berencana semakin tinggi. Hal itu terlihat dari jumlah peserta yang terus meningkat. Bahkan kini unit pelayanan keluarga berencana di wilayah itu berencana untuk menambah jumlah posyandu.
Petugas Koordinasi Teknis Keluarga Berencana Kecamatan Telukjambe Timur Koko Cahyono mengatakan itu kepada Radar Karawang, Selasa (13/3). "Hingga saat ini pengetahuan masyarakat tentang program KB terus meningkat. Meningkatnya pengetahuan warga tidak hanya pada pengaturan kelahiran akan tetapi lebih menjurus kepada kesehatan reproduksi," ucap Koko.
Peningkatan itu, terang Koko bisa dilihat dari tingginya animo masyarakat untuk mengikuti berbagai program Keluarga berencana disetiap posyandu dan puskesmas. "Kita gunakan sistem  jemput bola peserta KB. Dan itu sudah kita lakukan sejak 22 Oktober 2012 lalu. Ternyata sistem itu efektif menarik minat masyarakat untuk menjadi peserta KB," terang Koko lagi.
Bahkan kata Koko, cara jemput bola infektif melayani peserta baru dalam jumlah puluhan orang. "Dua minggu terakhir ini kita melayani 29 orang peserta baru baik dengan impian maupun IUD. Ada 21 yang menggunakan metode impian dan 8 orang IUD," terang Koko.
Kendati demikian Koko juga mengakui tidak semua program KB berjalan mulus. Kendala tetap ada terutama karena kurangnya pengetahuan ibu mengenai program keluarga berencana. "Kami memiliki target KB di Kecamatan Telukjambe Timur. Untuk kami melakukan sosialisasi baik secara dialogis melalui rapat minggon maupun
secara langsung kepada masyarakat," ucapnya.
Perlu disampaikan, warga di Kecamatan Telukjambe Timur saat ini mencapai hampir 200.000 warga dan berdiam di 9 desa dan 38 dusun. Tingkat kepadatan masyarakat yang makin kian meningkat memaksa Unit koordinasi Keluarga Berencana di kecamatan itu ekstra keras untuk memuluskan program keluarga berencana di wilayah tersebut. Sementara, untuk akseptor KB saat ini di wilayah kecamatan itu sudah mencapai 3397 aksektor KB aktif. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template