Badan Jembatan Cikamuning Berbahaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Badan Jembatan Cikamuning Berbahaya

Badan Jembatan Cikamuning Berbahaya

Written By Admin Raka on Senin, 12 Maret 2018 | 18.00.00

TEGALWARU, RAKA - Badan Jembatan Cikamunding, di Dusun Cinaga, Desa Kutalanggeng, Kecamatan Tegalwaru, membahayakan kendaraan yang melintas. Posisi badan jembatan yang lebih rendah ketimbang badan jalan membuat baik pengendara motor maupun mobil harus hati-hati mengendarai kendaraannya.
"Tinggi badan jembatan dengan jalan utama sekitar 5 cm sampai 10 cm. Kondisi ini sering kali membuat rusak spakbor mobil yang rendah seperti minibus," ucap Joni (33) karyawan perusahaan swasta di Kawasan Industri KIIC Karawang kepada Radar Karawang Minggu (11/3).
Dikatakannya pekerjaan pembangunan jembatan itu sudah seharusnya memikirkan pengguna jalan atau masyarakat yang menggunakan. Setidaknya pertimbangan teknis kelayakan jembatan menjadi bahan untuk menentukan kelayakan jembatan. "Kepentingan masyarakat juga harus dipertimbangkan. Apalagi jalan itu juga kan dibangun dengan uang yang berasal dari pajak yang dibayarkan rakyat," tandas Joni.
Sementara Jeni (30) warga Kampung Cibayat, Desa Kutamaneuh, menerangkan selain badan jalan jembatan yang tidak rata dengan jalan utama, jalan retak pun membuat sparepart motornya sudah beberapa kali mengalami kerusakan. "Di jalan utama ke arah Desa Kutalanggeng dan Kutamaneuh banyak yang retak. Harusnya itu juga menjadi perhatian karena merugikan masyarakat sebagai pengguna jalan," ketusnya. 
Dikatakannya, jalan retak itu bukan saja membuat kerusakan terhadap kendaraan tetapi juga sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan karena mengalami selip ban gara-gara terjebak di bagian retakan jalan. "Biasanya di hari minggu seperti ini banyak pengguna jalan yang sering mengalami kerusakan pelek motor dan kecelakaan. Retaknya juga cukup dalam bahkan ada yang menyerupai kubangan. kalau yang tengah jalan ke arah Madang, Purwakarta, mereka kan banyak pengguna jalan baru, jangankan orang jauh, orang sini juga banyak yang mengalami kecelakaan," ucapnya.
Menyikapi itu Sekertaris Desa Kutalanggeng, Yayat, tidak menyangkal di wilayahnya memang banyak jalan rusaknya. Selain retak juga berlobang dan berkeroak. Dirinya pun berharap jalan yang rusak di Kampung Palasari sekitar 720 meter segera diperbaiki. Akses penting itu kini menjadi lintasan penting bagi perekonomian warga. "selain persoalan badan jalan jembatan Cikamunding di Kampung Cinaga, jalan di Kampung Palasari juga rusak. Saya pun mengharapkan pembangunan jalan bisa dilakukan secepatnya," ucapnya.
Yayat menambahkan, pemerintah desanya sendiri sudah mengajukan perbaikan jalan tersebut, bahkan sudah dua tahun masuk dalam draft pengajuan pembangunan jalan saat musyawarah rencana pembangunan, dan Penerangan Jalan Utama (PJU) pun di jalur itu amat minim, sehingga sulit melakukan aktivitas malam hari," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template