Awas Longsor Mengancam - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Awas Longsor Mengancam

Awas Longsor Mengancam

Written By Admin Raka on Jumat, 09 Maret 2018 | 11.00.00

Camat Sukatani Imbau Kades Siaga  

SUKATANI,RAKA- Cuaca buruk yang terjadi beberapa pekan terakhir di Kabupaten Purwakarta, berpotensi terjadinya bencana alam. Guna mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Kecamatan Sukatani telah mengintruksikan para kepala desa untuk siaga. Hal tersebut disampaikan bukan tanpa alasan, mengingat beberapa desa di wilayah Kecamatan Sukatani rawan bencana alam longsor.
"Wilayah Sukatani masuk zona merah yaitu rawan bencana alam. Makanya kita minta seluruh kepala desa untuk siaga karena longsor bisa terjadi kapan saja saat musim hujan seperti sekarang," kata Camat Sukatani Panji Sarizaman, kepada Radar Karawang, Kamis (8/3).
Menurutnya, beberapa desa di Kecamatan Sukatani memiliki karakteristik tanah labil dan sering longsor. Karena jenis tanahnya, kata dia, adalah tanah lempung yaitu saat terkena panas akan seperti pasir dan saat hujan mudah terbawa arus air. Dari 14 desa yang ada di Kecamatan Sukatani, ada beberapa desa rawan longsor diantaranya, Desa Cianting, Desa Panyindangan, Desa Cijantung, Desa Sukajaya, serta Desa Pasirmunjul. "Curah hujan akhir-akhir ini sangat tinggi, kepala desa harus cepat respon dan waspada. kita harus melakukan pencegahan jangan sampai ada korban jiwa,''katanya
Meski hingga saat ini belum terjadi bencana tersebut, namun pihak pemerintah kecamatan terus memantau dan mengingatkan seluruh aparat baik tingkat kecamatan maupun desa agar tetap waspada. Tak hanya itu, guna meminimalisir bencana tersebut, pihak kecamatan telah melakukan upaya pengendalian penyembab terjadinya longsor, salah satunya dengan program penghijauan yang dilakukan di tempat lereng - lereng daerah aliran sungai rawan longsor. "Kita juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan dalam pencegahan bencana alam, sebab pencegahan sejak dini harus dilakukan,'' pungkasnya.(gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template