Adventure of Science, Siswa SMP IT Al Irsyad Belajar Jadi Peneliti - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Adventure of Science, Siswa SMP IT Al Irsyad Belajar Jadi Peneliti

Adventure of Science, Siswa SMP IT Al Irsyad Belajar Jadi Peneliti

Written By Admin Raka on Rabu, 28 Maret 2018 | 18.15.00

KARAWANG, RAKA - Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Al Irsyad Al Islamiyah Karawang, menggelar kegiatan Adventure Of Science (Ascie), di Kampung Cipendey, Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, beberapa minggu yang lalu. Kegiatan itu bagian dalam program rutin sekolah, agar peserta didik mampu membuat karya tulis ilmiah dan memiliki pengalaman meneliti.
"Pada tanggal 14 - 16 Maret 2018. Sekolah SMP IT AL Irsyad Al Islamiyyah menggelar kegiatan Ascie di Kampung Cipendey, Desa Cintalaksa, Kecamatan Tegalwaru, tepatnya di daerah Loji," ujar ketua pelaksana kegiatan Ascie, Rizka Rudiansyah, kepada Radar Karawang, Selasa (27/3) kemarin.
Ia menjelaskan, kegiatan itu bagian dari program rutin sekolah, agar para paserta didik mampu membuat karya tulis ilmiah dan memiliki pengalaman dalam meneliti. "Sebanyak 92 siswa, terdiri dari seluruh siswa kelas VIII sekolah ini, mengikuti kegiatan ini. Selama tiga hari dua malam, mereka melakukan penelitian tentang budi daya tanaman berupa turubuk hingga meneliti berbagai jenis dan penangan sawah," katanya.
Menurutnya, dengan konsep itu, kualitas keilmuan dan pengalaman siswa akan semakin bertambah, karena mereka langsung terjun lapangan untuk melakukan penelitian. Sehingga ilmu yang didapatkan bisa dijadikan bekal dalam menatap masa depan. "Ilmu yang didapatkan dalam kegiatan ini, sangat bermanfaat dalam kehidupannya masing-masing, karena dalam kegiatan ini, informasi yang didapat dalam hasil penelitiannya, langsung dituangkan dalam tulisan atau membuat karya ilmiah," ungkapnya.
Ia berharap, ilmu yang didapatkan dalam kegiatan itu, mampu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga akan bermanfaat. Baik untuk individu siswa dan orang banyak. "Saya harap, apa yang sudah dilakukan oleh oleh anak didik kami, bisa menambah pengalaman dan wawasan penelitian untuk membuka cakrawala penetahuan yang lebih luas," harapnya.(acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template