23 Orang Terjangkit AIDS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 23 Orang Terjangkit AIDS

23 Orang Terjangkit AIDS

Written By Admin Raka on Kamis, 29 Maret 2018 | 13.00.00

Sepanjang Tahun 2017

PURWAKARTA,RAKA- Unit Pembantu Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Purwakarta, evaluasi program kesehatan masyarakat selama satu tahun dalam kegiatan refreshing yang diselenggarakan di aula Puskesmas Kecamatan Purwakarta, Rabu (28/3). Di tahun 2017 lalu, tercatat ada 23 orang yang terkena AIDS.
Kasubag Tata Usaha (TU) Puskesmas Kecamatan Purwakarta Tatang, mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka refreshing kader, untuk mengingat kembali kegiatan kader kesehatan dalam membantu meningkatkan kesehatan di masyarakat. "Sebagai kepanjangan tangan dinas kesehatan, kita evaluasi bagaimana promosi kesehatan, bagaimana gizi masyarakat dan kaitannya dengan program posyandu," katanya, saat ditemui wartawan di lokasi kegiatan.
Ia juga mengatakan, setiap setahun sekali kegiatan tersebut dilaksanakan karena anggaran yang minim. "Harusnya 2 kali setahun pelaksanaannya, tapi disesuaikan dengan bantuan anggaran yang turun jadi sekali saja," terang dia.
Diketahui, kegiatan tersebut diikuti kader posyandu dari 38 posyandu dengan perwakilan tiap posyandu 2 orang se- Puskesmas Purwakarta yang menanungi 3 kelurahan yaitu Kelurahan Nagri Kidul, Nagri Tengah, dan Sindang Kasih. "Materi evaluasinya ialah kegiatannya kesadaran gizi masyarakat seperti pembagian vitamin A, pemberian zat besi kepads ibu hamil, penyuluhan gizi pada ibu hamil dan balita," papar dia.
Lebih lanjut dia mengatakan, untuk HIV/AIDS dilakukan pembagian kasus meliputi populasi kunci terdiri dari mereka yang terkena AIDS dan mereka yang selama ini diketahui lesbian dan gay serta populasi resiko yaitu mereka yang suka melakukan seks bebas. "Dari data yang ada di Puskesmas di tahun 2017, ada sekitar 23 orang terkena virus AIDS," terang dia.
Sementara Muhammad Nur Bagian Program Tuberkulosis (TB) mengatakan, untuk antisipasi dan pencegahan TBC-paru dan kesehatan lingkungan dilakukan dengan cara promosi perorangan atau kelompok. "Sebelum dikasih pengobatan dilakukan dulu penyuluhan perorangan kepada pasien yang terindikasi TB. Setelah itu diobati, tergantung sesuai kategori, pengobatannya 6 bulan tak boleh berhenti untuk pasien TB kategori 1. Lalau pasien TB kategori 2 (Kambuh) pengobatannya 8 bulan," paparnya.
Di tahun 2018, lanjut dia, pasien yang sedang diobati berjumlah sebanyak 18 orang terhitung dari bulan Januari samapai dengan Maret. "18 orang itu emang udah menjalani pemeriksaan dahak. Ada yang positif ada yang enggak, 4 orang yang ditemui terkena positif TB tetapi hasil rontgen positif," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template